Penerapan Analisa Faktor dalam Membentuk Faktor Laten yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sriwijaya

Oki Dwipurwani, Sri Indra Maiyanti, Anita Desiani, Shinta Octarina

Abstract


Studi ini mengenai penggunaan analisis faktor untuk membentuk faktor laten menggunakan metode Maksimum Likelihood untuk menduga parameternya dan pengaruh prestasi mahasiswa di Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kesimpulan yang diperoleh dari pengaplikasiannya adalah terbentuknya 8 faktor umum, yaitu Kelengkapan Fasilitas Belajar, Latar Belakang Keluarga, Sistem Pembelajaran, Motivasi dan Teman, Minat dalam Belajar Matematika, Persepsi Terhadap Dosen, Kelengkapan Laboratorium Komputer dan Pelayanan Akademik, dan Kedisiplinan dalam Belajar untuk Mendapatkan Nilai Tinggi. Variansi total yang mampu dijelaskan oleh delapan faktor tersebut adalah 64%. Hal ini menunjukan kebaikan model sudah terpenuhi.


Full Text:

PDF

References


Johnson, R.A. dan D.W. Wichern, 1988, Applied Multivariate Statistical Analysis, 3rd Edition, Prentice Hall: Englewood Cliffs, New Jersey

Munandar, S., 1987, Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak, P.T. Gramedia, Jakarta

Supranto, J., 2004, Analisis Multivariat, Arti, dan Interpretasi, Edisi Pertama, Rineka Cipta, Jakarta

Santoso, S., 2002, Buku Latihan SPSS Statistik Mulativariat, P.T. Elex Media Komputindo, Jakarta

Sartono, B. dan F.M. Effendi, 2003, Analisis Peubah Ganda, Jurusan Matematika FMIPA Institut Pertanian Bogor, Bogor

Wibowo, A., 2006, Pengantar Analisis Faktor (Eksploratori) dan Analisis Faktor Konfirmatori, Pelatihan Structural Equation Modeling (Pemodelan Persamaan Struktural) Angkatan XI, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya, 29-31 Agustus 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats