Aplikasi Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Hubungan Peubah Indikator dengan Peubah Laten yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA UNSRI

Sri Indra Maiyanti, Oki Dwipurwani, Anita Desiani, Betty Aprianah

Abstract


Analisis Faktor Konfirmatori adalah salah satu metode pada analisis multivariat yang digunakan untuk mengkonfirmasikan apakah model yang dibangun sesuai dengan yang dihipotesiskan. Untuk mengetahui hubungan peubah indikator dengan peubah laten yang mempengaruhi prestasi mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA UNSRI digunakan Analisis Faktor Konfirmatori dengan metode kemungkinan maksimum untuk menduga parameter modelnya. Hasil yang diperoleh bahwa peubah laten untuk latar belakang keluarga (Ԑ1) diukur oleh peubah indikator Pendidikan ayah (x1), Pendidikan ibu (x2) dan Penghasilan orang tua (x3), di mana peubah indikator yang memberikan kontribusi terbesar adalah Pendidikan ibu (0,84). Peubah laten lingkungan belajar di luar kampus (Ԑ2) diukur oleh peubah indikator waktu tempuh dari rumah ke kampus (x4), fasilitas belajar di rumah (x5) dan konsentrasi belajar (x8), di mana peubah indikator dengan kontribusi terbesar adalah fasilitas belajar di rumah (0,80). Peubah laten sikap terhadap almamater (Ԑ3) diukur oleh peubah indikator Fasilitas ruang belajar di jurusan (x11), Fasilitas perpustakaan (x12) dan Fasilitas komputer (x13), di mana peubah indikator dengan kontribusi terbesar adalah Fasilitas ruang belajar di jurusan (x11) (1,08). Peubah laten Persepsi terhadap dosen (Ԑ4) diukur oleh peubah indikator Sistem evaluasi oleh dosen (x16), Sistem pembelajaran oleh dosen (x17), Sistem penugasan oleh dosen (x18) dan Hubungan dengan pembimbing akademik (x19), di mana peubah indikator dengan kontribusi terbesar adalah Sistem pembelajaran oleh dosen (x17) (0,73). 


Full Text:

PDF

References


Ghozali, A., 2003, Tinjauan Metodologi Struktur Equation Modeling dan Penerapannya dalam Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Depdiknas

Munandar, S., 1987, Mengembangkan Bakat dan Kretifitas Anak, PT. Gramedia, Jakarta

Sampoerna, P.D., 2002, Analisis Kualitas Mahasiswa dalam Pencapaian Pendidikanya dengan Menggunakan Partial Least Square, Tesis, Program Pasca sarjana Institut Pertanian Bogor

Bollen, K.A. 1989. Stuctural Equations Model with Laten Variabel. New York

Wirda,Y. 2002. Suatu Kajian tentang Persamaan Struktural Linier dengan Variabel Laten dan Penerapannya pada Data Pendidikan. Tesis. Program pasca sarjana IPB. Bogor

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat, Arti dan Interpretasi. Edisi-1. Rineka Cipta. Jakarta

Sharma, S. 1996. Applied Multivariate Techniques. John Wiley & Sons, Inc. New York.




DOI: https://doi.org/10.26554/jps.v12i3.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats