Analisis Diskriminan untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Program Studi Matematika di FMIPA dan FKIP Universitas Sriwijaya

Yulia Andriani, Dian Cahyani, Vivin Gusmaryanita

Abstract


Unsri memiliki sepuluh fakultas, dua diantaranya FMIPA dan FKIP. Satu dari program studi yang terdapat di kedua fakultas itu adalah Program Studi Matematika. Perbedaan dari Program Studi Matematika FMIPA dan FKIP misalnya daya tampung dan jumlah peminat. Hal ini terjadi karena berbagai pertimbangan dari calon mahasiswa. Analisis diskriminan digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang membedakan mahasiswa dalam memilih Prodi Matematika FMIPA dan FKIP. Faktor-fkator yang diamati adalah faktor minat (x1), dunia kerja (x2), kapasitas prodi (x3), lingkungan sosial (x4) dan motivasi dunia kerja (x5). Hasil analisis faktor kapasitas prodi dan motivasi dunia kerja yang signifikan dapat membedakan pemilihan Prodi Matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.