Identifikasi Jenis Konik dan Kuadrik Berdasarkan Bentuk Matriks A dan Elemen Matriks K pada Persamaan Kuadratik x'Ax+Kx+j=0

Putra BJ Bangun, Irmeilyana Irmeilyana, Derry Alamsyah

Abstract


Konik (irisan kerucut) merupakan persamaan kuadratik dalam dua variabel yaitu x dan y. Sedangkan kuadrik merupakan persamaan kuadratik dalam 3 variabel, yaitu x, y dan z. Kedua bentuk persamaan kuadratik tersebut dapat dinyatakan dalam notasi matriks, berbentuk x'Ax+Kx+j=0. Bentuk konik dan kuadrik dapat dikenali dari bentuk matriks A dan elemen matriks K, yang berhubungan dengan pola perkalian silang dan pasangan dari masing-masing variabel pada persamaan kuadratiknya. Untuk dapat mengidentifikasikan bentuk grafik persamaan kuadratik tersebut dilakukan dengan penstandaran berdasarkan Teorema Sumbu Utama pada R2 dan R3. Penstandaran bentuk dapat melalui rotasi, translasi, atau gabungan rotasi-translasi menjadi sistem koordinat baru (dengan perubahan variabel).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v14i3.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats