Pengaruh Perlakuan Penambahan Asam Propionat, Asam Cuka dan Nira Selama Penyimpanan Kulit Bagian dalam Ubi Kayu Terhadap Jumlah Koloni Kapang

Sofia Sandi

Abstract


Kulit bagian dalai obi kayu merupakan limbah industri pertanian yang potensial untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pakan, karena kaya akan karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi bagi ternak. Untuk menjaga ketersediaan bahan pakan ini secara terus menerus, proses penyimpanan tidak dapat dihindari. Kapang merupakan salah satu satu cara penyebab utama kerusakan pakan selama penyimpanan. Salah satu cara yang dapat digunakan supaya jumlah koloni kapang dapat ditekan pada kulit bagian dalam ubi kayu selama penyimpanan digunakan asam cuka, asam propinat dan nira.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perlakuan penambahan asam propionat, asam cuka dan nira selama penyimpanan kulit bagian dalam ubi kayu terhadap jumlah koloni kapang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial 5x4 dengan 3 ulangan. Faktor pertama lama penyimpanan (0, 1, 2, 3 dan 4 minggu) dan faktor kedua bahan pengawet (kontrol, 0.3% asam propionat, 15% asam cuka dan 15% nira). Data diolah dengan analisis ragam menggunakan software SAS versi 6,12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi suhu dan kelembaban relatif ruangan penyimpanan selama 25,6 sampai 30° C dan 70 sampai 93% perlakuan bahan pengawet asam cuka dan nira dapat menurunkan kadar air dan menekan pertumbuhan kapang. Perlakuan bahan pengawet asam propionat tidak efektif dalam penurunan kadar air dan menekan pertumbuhan kapang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats