Pengembangan Metode Identifikasi Dna (Pij702) Menggunakan Prinsip Lisis Alkali dan Pengendapan dengan Natrium Asetat pH 2

Budi Untari, Mardiyanto Mardiyanto

Abstract


Telah dilakukan perbaikan visualisasi plasmid bermarka melanin (pIJ 702) pada Streptomyces lividans Rekombinan dengan modifikasi metode lisis alkali. Larutan netrium asetat yang digunakan untuk mengendapkan DNA dalam metode lisis alkali didapat pada pH 2 memberikan hasil yang terbaik dalam menvisualisasikan pita plasmid pIJ 702. Dengan perendaman etidium bromida (50 mg dalam 50 mL air) lebih dari waktu normal juga tidak memperlihatkan melanin pengganggu, sedangkan larutan buffer penyimpan yang di dapat pada pH di bawah 7 tidak memberikan pengaruh yang berarti (p = 0,05). Hasil visualisasi fragmen Bam H1 plasmid pIJ 702 juga jelas pertanda metoda bebas dari pengaruh melanin. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats