Penerapan Metoda Beda Hingga Untuk Penyelesaian Persamaan Gelombang Kawasan Waktu

Azhar K. Affandi

Abstract


Fenomena gerak gelombang merupakan gejala yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita seperti misalnya gelombang skustik, gelombang elektromagnetik, gelombang seismik dan lain-lain. Semua gerak gelombang tersebut memenuhi persamaan gerak gelombang dan persamaan gelombang merupakan persamaan diferensial parsial hiperbolik.

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan simulasi gerak gelombang dalam domain waktu dengan menggunakan metoda beda hingga.

Metoda beda hingga merupakan salah satu dari metoda numerik untuk menyelesaikan persamaan diferensial parsial atau persamaan Laplace dengan cara mendiskretisasi persamaan kontinu melalui diskretisasi ruang dan waktu.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan bentuk simpangan gelombang dalam domain waktu dari berbagai keadaan syarat awal dan kriteria stabilitas yang diberikan. Simpangan meksimum gelombang akan turun menjadi setengahnya bila parameter integrasi M dinaikkan dua kali lipatnya. Dari analisis frekuensi menunjukkan bahwa frekuensi domainnya merupakan frekuensi rendah dan frekuensi tersebut akan menjadi dua kali lipat apabila parameter integrasi M ditingkatkan dua kali.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats