Analisis Dinamika dan Sumber Massa Air Arus Lintas Indonesia

Wijaya Mardiansyah

Abstract


Dalam penelitian ini dilakukan pengkajian dinamika massa air Arus Lintas Indonesia (Arlindo) dalam kaitannya dengan sumber asli air yang dapat teridentifikasi masuk dari Samudra Pasifik ke perairan Indonesia Bagian Timur. Wilayah studi berada pada 12.5° LU – 2.5° LS dan 122,5° BT - 140° BT. Sumber data adalah World Ocean Database 2001 dari National Oceanography Data Center (NODC), http://www.nadc.noaa.gov/PC5/WODo1/pacif_o.html. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode core layer dan analisis isopiknal sedangkan untuk mengolah dan menampilkan data digunakan software Ocean Data View mp versi 1.2, http://www.awi-bremerhaven.de/GEO/odv.

Dari analisis yang dilakukan teridentifikasi bahwa sumber air Arlindo yang masuk ke Perairan Indonesia bagian timur melalui gerbang Arlindo memiliki karakteristik dari berbagai massa air, antara lain adalah core dari; NPSW dengan densitas potensial sekitar 24 sq salinitas 34.76<S<35 psu, dan konsentrasi oksigen terlarut >4 ml/l; SPSW dengan densitas potensial ekitar 25 sq salinitas S>35 psu dan konsentrasi oksigen terlarut sekitar 3.3 ml/l; NPIW dengan densitas potensial 26.5 sq salinitas S<34.55 psu dan konsentrasi oksigen terlarut antara 2 -3 ml/l dan  AAIW dengan densitas potensial sekitar 27.2 sq. Secara umum semua karakteristik massa air ini mengidentifikasikan bahwasanya sumber air Arlindo berasal dari Samudera Pasifik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jps.v0i15.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats