Rancangan Teknik Interpolasi Jst-Langsung Global Pada Digital Terrain Model

Octavianus Cakra Satya

Abstract


Pada penelitian ini telah dirancang suatu teknik interpolasi menggunakan jaringan syaraf tiruan (JST) yang dapat melakukan interpolasi pada Digital Terrain Model, yang dinamakan Teknik JST Langsung-Global.

Teknik JST Langsung Global melakukan interpolasi 3 dimensi secara langsung dengan penelitian data secara global. Teknik JST ini menggunakan kaidah belajar propagasi balik dengan algoritma Levenberg-Marquardt.

Pelatihan dan pengujian JST terhadap DMT yang diperoleh dari model yang diturunkan dari data terrain sesungguhnya yaitu berupa daerah 1, daerah 2 dan daerah 3 dengan perbedaan tinggi meksimum masing-masing 5000 m, 10000 m dan 2000 m.

Secara umum hasil interpolasi DMT Irregular oleh teknik JST Langsung-Global lebih baik dari metoda Kuadrat Terkecil dan metode Permukaan Bergerak. Teknik JST Langsung-Global memberikan hasil yang lebih baik pada terrain yang memiliki kemiringan linier seperti pada terrain Daerah 2.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26554/jps.v0i9.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats