Identifikasi Timbal (Pb) Dalam Beberapa Organ Kepala Daging dan Jeroan Pada Ikan Rawa dan Sungau di Daerah Kotamadya Palembang

I.A. Rivai Bakti

Abstract


Telah dilakukan identifikasi timbal (Pb) dalam beberapa organ kepala, daging dan jeroan pada ikan rawa dan sungai di daerah Kotamadya Palembang. Terhadap sejumlah tertentu sampel ikan dari begian kepala dan tulang, daging serta jeroan dilakukan destruksi basah dengan campuran H2SO4, H2O2 dan HNO3 pekat. Hasil destruksi diukur dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Ikan yang diteliti adalah ikan rawa dan ikan sungai yaitu: Clarias batrachus H.N. (ikan belida), Belodontichtys dinema Blkr (ikan lais) dan Puntius schwanefeldi Blkr (ikan betino/lampan), masing-masing beratnya sekitar 25-300 gram. Hasil yang didapat dari pengukuran dengan SSA untuk kelima sampel dengan membuat standar menunjukkan bahwa kelima jenis ikan tersebut mengandung Pb dimana yang terbanyak dalam dagingnya, walaupun ada perbedaan antara jenis ikan satu dengan lainnya. Penyerapan oleh tubuh ikan terdapat kandungan Pb dalam air di tempat hidupnya dapat sampai 26 kalinya. Untuk ikan dari air golongan D sebanyak 1,6 kalinya. Sedangkan dalam air golongan C yaitu air untuk perikanan/peternakan dapat menyerap 86 kalinya.   


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26554/jps.v0i3.364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats