Hubungan Kuantitatif Antara Struktur dan Aktivitas Antioksidan dan Senyawa Flavonoid Dengan Menggunakan Metode Semiempiris AM1

Nirwan Syarif, Rully Rahmawati

Abstract


Telah dilakukan penelitian terhadap hubungan antara struktur dan aktivitas (HKSA) antioksidan senyawa flavonoid dengan menggunakan metode komputasi kimia. Untuk mempelajari HKSA dilakukan proses optimasi geometri dan perhitungan momen dipol dan perubahan energi antara energi HOMO dengan energi LUMO sebagai sifat struktur senyawa flavonoid. Dalam hal ini digunakan metode semiempiris AMI dengan perangkap lunak Hyperchem for windows versi 5.0. aktivitas senyawa sebagai log (1/IC50) diperoleh dari literatur. HKSA diperoleh dari hasil perhitungan dengan menggunakan program analisis regresi multilinier dalam perangkat lunak SPSS for windows versi 11.5. persamaan HKSA terbaik pada senyawa flavonoid yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu log 1/IC50 = 0,213 PE + 0,083 μ + 0,104. Senyawa flavonoid yang digunakan dalam penentuan HKSA terbaik terdiri dari sembilan senyawa yang mempunyai kemiripan struktur dan nilai selisih antara IC50 prediksi dengan eksperimen yang kecil. Analisis hubungan interaksi antara prediksi dengan eksperimen yang menggunakan persamaan HKSA terbaik menghasilkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,925; dimana nilai tersebut menunjukkan adanya hubungan interaksi antara keduanya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jps.v0i17.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats