Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Kesehatan Lingkungan (Studi di Desa Segiguk sebagai Salah Satu Desa Penyangga Kawasan Hutan Suaka Margasatwa Gunung Raya Ogan Komering Ulu Selatan)

Masayoe Shari Fitriany, H. M. A. Husnil Farouk, Ridhah Taqwa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis tentang pengelolaan lingkungan pemukiman di salah satu desa penyangga kawasan Hutan Suaka Margasatwa Gunung Raya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam mengelola dan mempertahankan kualitas lingkungan kawasan yang dilindungi pemerintah. Selain itu, permasalahan kesehatan yang berpotensial terjadi di wilayah tersebut , akibat pengelolaan lingkungan, juga menjadi perhatian pada penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Parameter yang diamati adalah bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan sehat terhadap penggunaan air bersih, struktur rumah sehat, keluarga dengan kepemilikan sarana sanitasi dasar dan tenpat umum dan pengelolaan makanan.Bentuk partisipasi tersebut dapat diamati pada perilaku masyarakat yang merupakan implementasi dari persepsi dan pemahaman masyarakat mengenai hal tersebut.


Full Text:

PDF

References


Departemen Kehutanan. 2006. Sekretariat Jenderal Departemen kehutanan, Pusat Bina Penyuluhan Kehutanan. Pedoman Percontohan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta.

Departemen Kehutanan. 2006. Pedoman Penyusunan Master Plan Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Hutan Konservasi. Direktorat Jendral Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan Wisata Alam, Bogor.

Departemen Kesehatan, 1997. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23. Jakarta

Departemen Kesehatan, 1999. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 32. Jakarta

Departemen Kesehatan, 1999. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 41. Jakarta

Departemen Kesehatan, 2009. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 32. Jakarta

Departemen Kesehatan, 2009. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 36. Jakarta

Departemen Kesehatan, 1989. Pengawasan Lingkungan Pemukiman .Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Sanitasi Pusat. Jakarta

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan. Pusat Bahasa Departe-Departemen Pendidikan Nasional,(http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php. Jakarta, diakses 2 Mei 2009).

Eko Budiarto. 2004. Metodologi Penelitian Kedokteran. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26554/jps.v18i1.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats