Aplikasi Struktural Equation Model (SEM) Untuk Mengetahui Hubungan Antara Latar Belakang Keluarga, Lingkungan Belajar Diluar Kampus, Motivasi dan Prestasi Mahasiswa

Sri Indra Maiyanti, Oki Dwipurwani, Eka Kurnia

Abstract


Struktural equation modeling mancakup model pengukuran (measurement model) dan model jalur (path model). Pada penerapan SEM di jurusan matematika FMIPA Universitas Sriwijaya, diperoleh hasil bahwa peubah latar belakang mahasiswa (x1) yang dibentuk oleh indikator-indikator pendidikan terkahir ayah (X1), pendidikan terakhir ibu (X2) dan penghasilan orang tua (X3) secara langsung berpengaruh positif dengan pengaruh total sebesar 0.22 terhadap motivasi belajar mahasiswa artinya latar belakang keluarga mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap motivasi belajar mahasiswa dan pengaruh negatif secara langsung terhadap prestasi mahasiswa (h2), artinya semakin tinggi tingkat latar belakang keluarga mahasiswa maka akan berpengaruh negatif terhadap prestasi mahasiswa. Peubah motivasi belajar (h1) mempunyai pengaruh yang positif terhadap peningkatan prestasi seorang mahasiswa dalam belajar, maka akan semakin meningkatkan prestasi mahasiswa. Sehingga dapat diinformasikan bahwa peubah laten latar balakang keluarga mempunyai pangaruh yang positif terhadap motivasi belajar, dan peubah motivasi belajar mahasiswa mempunyai pengaruh yang positif pula terhadap krestasi mahasiswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v11i3.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats