Identifikasi dan Penapisan Aktivitas Antibakteri Beberapa Jenis Tumbuhan di Desa Napal Licin Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Salni Salni, Harmida Harmida, Elisa Nurmawati

Abstract


Telah dilakukan penelitian identifikasi dan penapisan aktivitas antibakteri beberapa jenis tumbuhan desa Napal Licin kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dari bulan Maret dampai Agustus 2005. Identifikasi tumbuhan dilakukan di Laboratorium Herbarium Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas dan pengujian aktivitas antibakteri dilakukan di Laboratorium Genetika dan Bioteknologi FMIPA Universitas Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan yang ada di Desa Napal Licin, melakukan penapisan aktivitas antibakteri untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang berpotensi sebagai sumber senyawa antibakteri. Hasil penelitian menunjukkan penapisan aktivitas antibakteri terhadap 45 jenis tumbuhan, diperoleh 40 jenis tumbuhan mempunyai aktivitas antibakteri. Dari 40 jenis tumbuhan yang aktif terdapat lime jenis tumbuhan yang paling potensial sebagai sumber senyawa antibakteri, yaitu daun dan kulit Calophyllum dasypodum Miq, daun Jambu Bioa {Eugene densiflora (BI.) Duthie}, daun jambu-jambuan (Eugene virens (BI.) K. & V), daun sirih gedebong (Piper aduncum L.) dan sirih merah (Piper miniatum BI.).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v11i3.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats