Suatu Kajian Model Persamaan Struktural dan Penerapannya Dalam Pendidikan

Oki dwipurwani

Abstract


Masalah dalam ilmu pendidikan ataupun ilmu sosial lainnya demikian sangat kompleks, dimana dalam penelitiannya memerlukan banyak peubah, yang diantaranya tidak dapat terukur atau disebut peubah laten dan hubungan antara peubahnya juga tidak sederhana ada yang langsung dan tidak langsung. Oleh karena itu diperlukan suatu kajian mengenai Model Persamaan Struktural (MPS) yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. MPS mencangkup model pengukuran dan model jalur. Model pengukuran mengakomodasi hubungan peubah-peubah laten dengan peubah indikator yang menjelaskannya. Model jalur mengakomodasi hubungan langsung dan tidak langsung antara peubah laten. Pada kajian MPS terlihat begitu rumitnya mencari kesesuaian MPS dengan data empiris, namun dengan adanya software LISREL kesulitan itu lebih banyak diatasi. MPS dalam proses pendugaan parameternya umumnya menguraikan matriks koragan S(q), yang merupakan fungsi mari matriks-matriks 

. Pada contoh penerapan MPS dalam suatu studi pendidikan, diperoleh suatu kajian bahwa model yang diperoleh sudah baik dan dapat mencerminkan pola keterkaitan antara peubah yang terlihat. Hasil interpretasinya dapat disimpulkan kecerdasan lisan memberikan pengaruh langsung terbesar terhadap pencapaian prestasi kerja, yaitu sebesar 1 atau 100%. MPS dengan peubah laten mampu mengakomodasi permasalahan hubungan langsung dan tidak langsung antara peubah laten, dibandingkan dengan analisis regresi biasa yang sudah sering dipergunakan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats