Pengaruh Penambahan Poliakrilamida Sebagai Pendukung Koagulan Alumunium Sulfat Dalam Menurunkan Nilai Kok, Warna dan Turbiditas Limbah Cair Industri Pulp

Bambang Yudono, Poedji Loekitowati H, Victor H S Victor H S

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang kemampuan koagulan alumunium sulfat terhadap pertikel koloid dalam limbah cair industri pulp. Penelitian ini menggunakan alumunium sulfat (alum) yang dicampur dengan poliakrilamida sebagai bahan kimia pendukung yang membantu proses koagulan-flokulasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variasi konsentrasi alum, konsentrasi poliakrilamida dan pH larutan limbah. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah konsentrasi KOK sisa, konsentrasi warna sisa dan konsentras turbiditas sisa yang ditentukan dengan metode refluk KOK, Spektrofotometri dan Turbidimetri. Pada konsentrasi alum 400 ppm dan konsentrasi poliakrilamida 0,60 ppm, pengkoagulasian partikel koloid maksimum terjadi pada pH 4,33 dengan persentase penurunan konsentrase KOK sisa, konsentrasi warna sisa dan konsentrasi turbiditas sisa berturut-turut adalah 44,16%; 78,95% dan 81,75%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats