Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Temu Kunci Terhadap Terhadap Pseudomonas Aerugenose dan Aplikasinya Dalam Film Edible Pati Sagu

Miksusanti Miksusanti, Betty Sri Laksmi J, Bambang Ponco, Rizal Syarief, Gatot Tri Mulyadi, Setiawan Yusuf

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa keaktifan anti bakteri dari minyak esensial Temu Kunci, penerapannya sebagai film anbakterial agent tepung sagu yang dapat dimakan (edible film). Keaktifan minyak esensial Temu Kunci dianalisa kemampuannya sebagai pembocor Pseudomonas aerugenose dan mengubah morfologinya. Fenomena membocorkan dimonitor dengan Metode Spektrometri Penyerapan Atom (ASS) dan Spektrofotometri Ultra ciolet. MBC minyak wsensial Temu Kunci adalah 0.15v/v) and 0.5(v/v). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minyak esensial dapat membocorkan ion-ion anorganik Ca, Mg dan K dari bakteri dan mengubah morfologi dari bakteri tersebut. Penerapan dari minyak esensial ke film tepung Sagu sebagai antibakteria film yang dapat dimakan. Uji kualitatif keaktifan antibakteria dari film-film ditunjukkan dengan daerah inhibisi pada disk. Film menunjukkan daerah kontak yang positif dengan konsentrasi minyak lebih dari 10% (ml/g). Daerah hambatan yang ditunjukkan terjadi apabila konsentrasi minyak pada film adalah 25% (ml/g).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.