Analisis Data Percobaan Lokasi Ganda (Data Percobaan Tiga Varietas Kentang Pada Empat Lokasi) Dengan Metode Ammi (Additive Main Effects And Multiplicative Interaction)

Sri Indra Maiyanti

Abstract


Percobaan lokasi ganda sangat berperan dalam seleksi genotip yang bertujuan untuk mendapatkan genotip yang berproduksi tinggi dan stabil pada lingkungan tertentu. Faktor-faktor yang diujikan adalah faktor genotip/varietas tanaman dan lingkungan atau lokasi. Metode AMMI merupakan gabungan dari ANOVA (analisis ragam) pada pengaruh aditif dan analisis komponen utama (AKU) pada pengaruh interaksi. Metode AMMI baik digunakan jika pengaruh utama faktor dan pengaruh interaksi nyata pada uji ANOVA. Penelitian ini menganalisis data percobaan lokasi ganda dengan metoda AMMI, yaitu data produksi tiga varietas kentang (V1, V2, V3) yang ditanam pada empat lokasi (L1, L2, L3 dan L4) yang berbeda. Hasil analisis menunjukkan pengaruh interaksi diperoleh dua nilai singulir yang tidak nol yang berarti ada dua dua komponen utama interaksi (KUI). Dari dua KUI yang ada, hanya komponen utama interaksi 1 (KUI-1) yang nyata, dengan demikian model yang cocok adalah model AMMI-1. Dari biplot AMMI-1 diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh utama genotip dan lingkungan berbeda, pengaruh interaksi V1 dengan lokasi menghasilkan produksi kentang yang berbeda, sedangkan pengaruh interaksi genotip V2 dan V3 dengan lokasi memberikan pengaruh hasil kentang yang hampir sama. Interaksi lokasi dengan genotip memberikan hasil kentang berbeda.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jps.v10i3.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats