Penggunaan Algoritma Goal Programming pada Penentuan Jumlah Optimal Produksi BBM di PT. Pertamina (Persero) Unit Pengolahan III Plaju-Palembang

Endro Setyo Cahyono, Fitri Maya Puspita, Rima Kesuma

Abstract


Perusahaan seringkali mempunyai suatu teknik untuk memaksimumkan laba, meminimumkan biaya produksi ataupun mengoptimalkan hal lainnya. PT. Pertamina sebagai salah satu perusahaan besar memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam hal mengoptimalkan jumlah produksi BBM, diantaranya yaitu memperoleh laba perusahaan diatas US $ 2000, mengoptimalkan waktu pada proses produksi, menghindari kelebihan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan pasar terhadap BBM minimal 32.005.320 Barel. Goal Programming merupakan teknik yang layak untuk menyelesaikan masalah tersebut karena ciri dasar dari Goal Programming dapat menyelesaikan masalah yang memiliki beberapa tujuan. Model Goal Programming menggunakan Tabel simpleks yang dimodifikasi. Dari penyelesaian yang telah dilakukan diperoleh solusi optimal Goal Programming maka dari keempat tujuan yang ingin dicapai hanya satu tujuan yang dapat dipenuhi yaitu terpenuhinya permintaan pasar terhadap BBM minimal 32.005.320 Barel dengan jumlah optimal produksi BBM sebanyak 40.292.730 Barel.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats