Penerapan Metode Economic Part Period (EPP) Dan Metode Part Period Balancing (PPB) Dalam Perencanaan Pengendalian Persediaan Alat Suntik Pada Perusahaan Farmasi

Malica Putri Amdes, Fitri Maya Puspita, Evi Yuliza

Abstract


PT. Anugrah Pharmindo Lestari merupakan perusahaan farmasi yang bergerak dalam bidang pendistribusian produk alat kesehatan. Produk alat kesehatan yang dijual terbagi menjadi beberapa macam, salah satunya alat suntik. Dalam penentuan jumlah pesanan PT. Anugrah Pharmindo Lestari masih dilakukan berdasarkan perkiraan dan tidak berdasarkan perhitungan pasti. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode yang diharapkan dapat menghasilkan perencanaan pengendalian persediaan yang baik dan total biaya persediaan yang minimum yaitu dengan menerapkan metode Economic Part Period (EPP) dan Part Period Balancing (PPB). Pada penelitian ini dibahas tentang penentuan kebijakan ukuran lot size pemesanan untuk meminimalkan biaya persediaan. Berdasarkan hasil perhitungan, metode PPB menghasilkan biaya persediaan yang lebih rendah dibandingkan dengan metode EPP. Total biaya persediaan dengan menggunakan metode EPP selama setahun sebesar  , dengan biaya terendah yaitu pada bulan Mei yang memerlukan 7 kali pemesanan dan 24.033 unit alat suntik tersimpan sehingga total ongkos menjadi sebesar . Sedangkan biaya dengan menggunakan metode PPB selama setahun sebesar , dengan biaya terendah yaitu pada bulan April yang memerlukan 8 kali pemesanan dan 29.715 unit alat suntik tersimpan sehingga total ongkos menjadi sebesar .

Full Text:

PDF

References


. Larasati, I. (2017). Perencanaan Pengendalian Persediaan untuk Meminilisasi Ongkos Biaya Pemesanan dengan Pendekatan Metode Periodic Review pada Perusahaan Farmasi.Universitas Palembang Palembang.

. Wahyudi, R. (2015). Analisis Pengendalian Persediaan Barang Berdasarkan Metode EOQ di Toko Era Baru Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis

. Wijaya, D., Mandey, S., & Sumaruw, J. S. B. (2016). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Pada TP. Celebes Minapratama Bitung. Jurnal Manajemen.

. Munawir, H., & Bachtiar, Y. (2016). Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan Metode Heuristik Silver Meal dan Part Period Balancing Jurnal Teknik Industri.

. Sawitri, D. (2009). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang "Electrolux Authorized Service CV. Momentum Teknik" Jurnal Ilmu Komputer

. Indroprasto, & Suryani, E. (2012). Analisis Pengendalian Persediaan Produk Dengan Metode EOQ Menggunakan Algoritma Genetika untuk Mengefisiensikan Biaya Persediaan. Jurnal Teknik.

. Bahagia, N. (2006). Sistem Inventori Bandung: Penerbit ITB

. Wohos, I.P., Mandagi, R. J. M., & Walangitan, D. R. O. (2014). Pengendalian Material dengan Metode Material Requirement Planning Pada Pembangunan Star Square Manado. Jurnal Teknik Sipil, 12 No 21.

. Munawaroh, S. (2006). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang. Jurnal Teknologi Informasi, 11 No 2




DOI: https://doi.org/10.36706/jps.v21i3.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats