Pemanfaatan Limbah Cair Industri Tahu sebagai Pupuk Cair Organik terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir)

Aliyenah Aliyenah, A Napoleon A Napoleon, Bambang Yudono

Abstract


Penelitian tentang Pemanfaatan Limbah Cair Industri Tahu Sebagai Pupuk Cair Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir) ini telah dilaksanakan pada Ja-nuari - Maret 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan limbah cair industri tahu agar dapat digunakan sebagai pupuk cair organik untuk tanaman kangkung darat. Penelitian ini dilakukan dengan meng-gunakan Rancang Acak Kelompok (RAK), dengan perlakuan konsentrasi pupuk cair organik dari limbah tahu sebesar 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10%, 12,5% dan 15%. Dan masing-masing perlakukan diulang sebanyak 3 kali. Ha-sil penelitian menunjukan bahwa pupuk cair organik tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman kangkung darat. Pengaruh yang signifikan dan nyata terlihat dari perlakuan pemberian konsentrasi pupuk cair sebesar 7,5%, 10%, 12,5% dan 15% yang berpengaruh terhadap berat basah tanaman kangkung da-rat yaitu 10,89 gr, 16,32 gr, 23,47 gr dan 37,61 gr. Sedangkan perlakuan terhadap berat kering tanaman kang-kung darat yaitu 2,59 gr, 3,28 gr, 4,11 gr, 5,31 gr dan 9,60 gr. Dari analisis sidik ragam pada taraf Uji 5%, di-dapat nilai F hitung (349,677) lebih tinggi dari nilai F tabel (2,209) pada berat basah tanaman kangkung darat. Sebaliknya untuk berat kering didapat nilai F hitung (412,665) lebih tinggi dari nilai F tabel (2,209). Sehingga dari analisis tersebut terdapat pengaruh yang signifikan dan nyata antara pemberian konsentrasi pupuk cair limbah tahu terhadap produksi tanaman kangkung darat (H1 diterima dan H0 ditolak).

Full Text:

PDF

References


Anggit, S. 2010. Pemanfaatan Jerami Padi dan Ampas Tahu Cair sebagai Media Pertumbuham Jamur Merang (Volvariella volvaceae). Universitas Muhammadiyah Su-rakarta : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Anonim. 2010. Pemanfaatan Sampah Sebagai Pupuk Cair Organik Untuk Perkembangan Dan Pertumbuhan Ta-naman. Copyright elang elang_kota@webmail.umm.ac.id. http://elang. stu-dent.umm.ac.id/2010/08/12/ pemanfaatan sampah seba-gai pupuk cair organik untuk perkem-bangan dan-pertumbuhan-tanaman/

Bappeda Medan. 1993. Penelitian Pencemaran Air Limbah Di Sentra Industri Kecil Tahu/Tempe di Kecamatan Tun-tungan Kotamadya DATI II Medan. Laporan Penelitian. Bappeda TK. II, Medan.

EMDI – Bapedal. 1994. Limbah Cair Berbagai Industri di Indonesia. Sumber Pengendalian dan Baku Mutu, EMDI – BAPEDAL.

Hendra, A. 1997. Pengaruh konsentrasi kapur dan alum terhadap karakteristik limbah cair industri tahu dalam pangolahan pendahuluan. Skripsi, Fakultas Teknik, Un-iversitas Lampung. Bandar Lampung.

Indahwati. 2008. Pengaruh Pemberian Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Cabai Merah (Capsi-cum Annum L.) secara Hidroponik dengan Metode Kul-tur Serabut Kelapa. Universitas Muhammadiyah Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Suriawiria, 2003. Mikrobiologi Air dan Dasar-dasar Pengo-lahan Buangan Secara Biologi. PS. Alumni. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats