Pengaruh Perilaku Masyarakat terhadap Kualitas Air dan Kesehatan Masyarakat di Sungai Aur Kelurahan 9 - 10 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Kota Palembang

Elizabet Matolisi, Sriati Sriati, Husni Faruk

Abstract


Perilaku dari masyarakat sekitas Daerah Aliran Sungai seperti membuang sampah sembarangan, membangun rumah berdekatan dengan sepadan sungai hingga membuang limbah rumah tangga secara lang-sung ke sungai memberikan dampak. Terhadap kualitas air sungai. Tujuan penelitian ini untuk mendeteksi se-jauh mana hubungan antara variabel-variabel ini pada faktor terkait dengan variabel pada satu atau lebih fak-tor-faktor lain berdasarkan koefisien korelasi. Hipotesis yang diajukan dalam studi ini adalah: (1) kesadaran lingkungan dipengaruhi oleh variabel pengetahuan, sikap, perilaku dan partisipasi; (2) kesediaan untuk mem-bayar dipengaruhi oleh variabel pengetahuan, sikap, perilaku, dan partisipasi melalui kesadaran lingkungan. diperoleh nilai Kolmogorov Smirnov untuk variabel Perilaku Masyarakat sebesar 0,899 dengan p-value sebesar 0,394. Karena p-value lebih besar dari 0,05, maka H0 diterima, artinya data pada variabel Perilaku Masyarakat berdsitribusi normal. Nilai Kolmogorov Smirnov untuk variabel Kualitas Kesehatan Lingkungan sebesar 0,732 dengan p-value sebesar 0,658. Karena p-value lebih besar dari 0,05, maka H0 diterima, artinya data pada va-riabel Kualitas Kesehatan Lingkungan berdistribusi normal. Untuk peneliti yang akan datang hendaknya dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap Kualitas Kesehatan Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Kesehatan, M. Peraturan Menteri Kesehatan No. 416 Tahun 1990. Tentang : Syaratsyarat Dan Pengawasan Kualitas Air". In: KESEHATAN (ed.). Jakarta: Menteri Kesehatan. 1990.

Anonim. 2001. Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengenda-lian Pencemaran Air.

BLH Kota Pekanbaru. 2007. Badan Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru.

Darmawan, B., Saan. Z., Zulkarnaini.2010. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Prilaku dan Peran Serta Dengan Kesadaran Lingkungan Hidup Serta Kesanggupan Membayar Masyarakat Sekitar Bantaran Sungai di Kota Pekan Baru. Jurnal. Ilmu Lingkungan. PPS Universitas Riau. Pekan Baru.

Donoriyanto. D.S. 2011. Analisis Dampak Lahan Pemukiman Terhadap Kualitas Air Sungai Begawan Solo Kabupaten Lamongan. Prosiding Konferensi Nasional “Inovasi dalam Desain dan Teknologi”. Program Pasca Sarjana Teknik Industri. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Kasry, A. 2005. Air Untuk Kehidupan. Makalah dalam Rangka Peringatan Hari Air Sedunia 30 Maret 2005 Provinsi Riau, Pekanbaru.

Robert. V. Thomann., John A. Mueller, Principles of Sur-face Water Quality Modeling and Control, Harper Col-lins Publicher Inc,1987.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats