Pengaruh Berat Resin dan konsentrasi Eluen Terhadap Prekonsentrasi Logam Pb Menggunakan Resin DOWEX 50WX2-200 Dengan Metode SSA di Laboratorium Pengujian Terpadu FMIPA Universitas Sriwijaya

Siti Nuraini Nuraini, Hanida Yanti

Abstract


Penelitian tentang prekonsentrasi logam Pb menggunakan resin DOWEX 50WX2-200 dengan metode SSA telah dilakukan. Teknik prekonsentrasi ini dilakukan dengan cara sampel air dimasukkan ke dalam kolom, dielusi dengan HNO3  1 M, kemudian diukur dengan spektrofotometer serapan atom (SSA). Beberapa parameter penting pada teknik prekonsentrasi ini telah dipelajari. Dari hasil penelitian diperoleh kondisi optimum untuk prekonsentrasi logam Pb yaitu pada berat resin 0,5 gram, volume eluen 10 mL, konsentrasi eluen 1 M dan volume sampel air keran 50 ml. Metode prekonsentrasi logam Pb dengan resin Dowex 50WX2 bisa menjadi metode alternatif sebagai pengembangan metode prekonsentrasi untuk analisis cemaran logam Pb di dalam air dalam kadar yang sangat rendah. Metode ini  diaplikasikan untuk analisis logam Pb pada sampel air keran dengan nilai perolehan kembali  sebesar 90 %.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26554/jps.v23i2.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats