Optimalisasi Pelaksanaan Proyek Pembangunan Persinyalan Elektrik di Stasiun Kertapati dengan Penerapan Metode Crash Program

Nyimas Syarifah Khodijah, Sugandi Yahdin, Novi Rustiana D ewi

Abstract


Pertumbuhan angkutan batubara dan peningkatan perkembangan ekonomi mengakibatkan lalu lin-tas perkeretaapian di lintas Kertapati – Tanjung Karang dan Kertapati – Tanjung Enim semakin padat. Hal ini mengakibatkan semakin beratnya beban kerja PPKA (Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api) karena Stasiun Kertapati masih menggunakan persinyalan mekanik dalam operasionalnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Satuan Kerja Pengembangan Perkeretaapian Sumatera Selatan mengganti sistem persinyalan mekanik menjadi sistem persinyalan elektrik di Stasiun Kerta-pati. Pekerjaan pembangunan persinyalan elektrik di Stasiun Kertapati dilaksanakan oleh PT. Len Railways Sys-tem dan disuvervisi oleh konsultan CV. Wira Cipta Mandiri. Penjadwalan proyek pembangunan persinyalan elektrik di Stasiun Kertapati yang semula diperhitungkan selesai selama 511 hari dengan biaya sebesar Rp 49.653.616.680,31 dapat dilakukan dengan pengefisienan waktu. Metode yang digunakan untuk menganalisis optimalisasi penjadwalan proyek ini dilakukan dengan CPM dan PERT serta bantuan software Lindo 6.1. Mela-lui perhitungan crash program pada metode CPM dan PERT diperoleh waktu penyelesaian proyek selama 427 hari dengan biaya sebesar Rp 49.302.424.985,4, dimana persentase percepatan waktu penyelesaian proyek adalah 16,4383562% dan persentase pengurangan biaya adalah 0,7072832%.

Full Text:

PDF

References


Dimyati, T. T. & Dimyati, A. 1992. Operations Research Model-Model Pengambilan Keputusan. Bandung: Pe-nerbit Sinar Baru.

Hermawan, A. 2010. Bab IV - Analisa dan Pembahasan Crash Program. http://www.scribd.com/doc/44596414/Bab-IV-Analisa-Dan-Pembahasan-Crash-Program. Diakses 21 Desember 2012.

Siswanto. 2007a. Operations Research Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Siswanto. 2007b. Operations Research Jilid II. Jakarta: Er-langga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats