Analisis Filter Digital pada Variasi Pengolah Suara Aplikasi Tiktok

Putri Anisah, Bella Lestari, Asri Anggreini, Rizka Fajriani, Assaidah Assaidah

Abstract


Aplikasi Tiktok merupakan media masyarakat dalam mengembangkan kreatifas yang melibatkan unsur video dan audio dengan beragam efek suara. Teknik pengolahan sinyal menjadi salah satu basic rahasia dalam proses ini. Dalam riset ini akan dikupas teknik efek suara menggunakan Matlab dengan inputan berupa data audio dengan format wav. Penentuan variable yang diperlukan dan fungsi-fungsi yang akan digunakan telah didesain untuk setiap efek suara. Pada penelitian ini dirancang 4 efek, yaitu electro, megaphone, vibrato, dan Echo. Efek electro menghasilkan keluaran suara seperti menggunakan microphone akibat nilai treable (a) yang diset sebesar 0,7 dan nilai kualitas suara (comp) sebesar 0,4. Megaphone adalah efek suara yang kedua, dimana efek ini menyerupai suara pada radio. Variable yang mempengaruhi efek ini adalah nilai penguatan (gain) sebesar 10 dan nilai impuls noise sebesar 0,900. Vibrato adalah efek yang diiringi dengan suara yang bergetar diakibatkan variabel nilai rate sebesar 0,03, nilai amp sebagai nilai penguat sebesar 0,7, dan nilai delay sebesar 0.09. Echo adalah efek suara gema akibat menerima delay sebesar 0,5 detik dan tingkat gema (Alpha) sebesar 0.85.

 

Kata kunci: Efek suara, WAV, Filter, Matlab


Full Text:

PDF

References


U. Tribhuwana Tunggadewi Volume, B. Juni Tahun, M. Yusi Kamhar, and E. Lestari, “Diterbitkan oleh UNITRI PRESS Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi,” Jurnal Mosharafa, vol. 6, no. 1, 2017.

B. Widi Prasetya, B. Susanto, and J. Purwadi, “Identifikasi Suara Pria dan Wanita Berdasarkan Frekuensi Suara,” Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, 2008.

M. Doli Nasution, E. Nasution, dan Feri Haryati, P. Matematika, and U. Muhammadiyah Sumatera Utara, “Pengambangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Matlab,” Mosharafa, vol. 6, no. 1, 2017, [Online]. Available: http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

A. R. AR and W. Andriani, “Filtering Sinyal Suara Gitar Menggunakan Band Pass Filter,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 4, no. 1, pp. 57–60, Sep. 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v4i1.1194.

R. N. Fuad and H. Nando Winata, “Aplikasi Keamanan File Audio Wav (Wavefrom) dengan Terapan Algoritma RSA,” jurnal nasional informatika dan teknologi jaringan, vol. 1, no. 2, 2017.

A. A. Anwar, N. Widianti, and M. A. Sumbodo, “Persepsi peran efek suara pada serial animasi garapan rumah-rumah produksi di Indonesia,” ProTVF, vol. 6, no. 2, p. 144, Sep. 2022, doi: 10.24198/ptvf.v6i2.35371.

D. Darwis, “Implementasi Steganografi Pada Berkas Audio WAV Untuk Penyisipan Pesan Gambar Menggunakan Metode Low Bit Coding,” Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, vol. 05, no. 01, 2015.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v25i1.748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats