Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Komputer Jurusan Matematika Fakultas MIPA
Abstract
Atribut-atribut pelayanan laboratorium komputer yang dibutuhkan mahasiswa, perlu dianalisis untuk memenuhi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboratorium komputer. Penelitian ini dilakukan melalui permintaan umpan balik atau suara dari mahasiswa sebagai pengguna laboratorium komputer. Selain atribut-atribut yang dibutuhkan, mahasiswa juga memberikan penilaian mengenai persepsinya terhadap tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut itu. Sampel sebanyak 126 responden diambil secara proportional random sampling dari mahasiswa aktif Jurusan Matematika. Hasil permintaan umpan balik diperoleh 31 atribut pelayanan lengkap dengan penilaiannya. Atribut-atribut ini selanjutnya dianalisis dan direduksi dengan Analisis Faktor. Hasilnya, diperoleh sembilan faktor laten yang signifikan mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboratorium. Faktor-faktor laten itu adalah Penunjang Proses Pembelajaran Empati, Keandalan, Jaminan, Peranan Asisten, Fasilitas Komputasi, Fasilitas Tetap, Keberadaan Asisten, dan Kredibilitas. Keseluruhan faktor laten yang terbentuk memberikan keragaman kumulatif sebesar 70,59%. Faktor laten yang paling besar pengaruhnya faktor penunjang proses pembelajaran. Faktor laten ini dibentuk oleh atribut-atribut ketersediaan air minum, fasilitas internet, layanan mengetik gratis, kepemilikan AC dan fasilitas visual. Fasilitas internet merupakan atribut pembentuk yang memberikan kontribusi paling besar dalam hal kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboratorium komputer di Jurusan Matematika.Â
Full Text:
PDFReferences
Wirartha, I.M., 2006, Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi, Penerbit Andi, Yogyakarta
Supranto, J., 2004, Analisis Multivariate Arti dan Interpretasi, Rineka Cipta, Jakarta
Sharma, S., 1996, Applied Multivariate Technique, Jhon Wiley & Sons, New York
Hair, J. F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson, dan R.L. Tatham, 2006, Multivariate Data Analysis, Pearson Education, New Jersey
Umar, H., 2003, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Ghalia Indonesia, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v13i3.130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
Â
Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Â
View My Stats