Karakterisitik dan Sebaran Nitrat, Fosfat, dan Oksigen Terlarut di Perairan Karimunjawa Jawa Tengah

T. Zia Ulqodry, Yulisman Yulisman, Muhammad Syahdan, Santoso Santoso

Abstract


Perairan Karimunjawa merupakan bagian dari perairan Laut Jawa dengan potensi kekayaan hayati maupun non hayati yang cukup tinggi. Informasi terkini tentang karakteristik kimia perairan di perairan Kepulauan Karimum masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengkaji kembali tentang karakteristik dan pola sebaran zat hara (Nitrat dan Fosfat), dan Oksigen Terlarut di Perairan Kepulauan Karimunjawa. Penelitian ini dilakukan pada bulan april 2009 dengan menggunakan KR. Baruna Jaya VIII meliputi 13 stasiun pengamatan. Pengambilan sampel air dengan menggunakan Rossete sampler yang dilengkapi dengan botol Niskin pada lapisan permukaan dan dekat lapisan dasar. Kandungan nitrat dan fosfat dianalisis dengan menggunakan metoda Spektrofotometri pada panjang gelombang masingmasing 543 nm dan 885 nm. Kandungan oksigen terlarut diukur dengan menggunakan metode titrasi Winkler. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kandungan nitrat, fosfat dan oksigen terlarut Perairan Karimunjawa masih tergolong normal dan baik untuk kehidupan biota laut. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kandungan nitrat di lapisan permukaan dengan dasar adalah berbeda sangat nyata. Kandungan fosfat, pH dan oksigen terlarut tidak berbeda nyata antara lapisan permukaan dengan lapisan dasar. Tinggi rendahnya kandungan nitrat, fosfat, dan oksigen terlarut di perairan ini dipengaruhi oleh masukan dari daratan, aktifitas plankton dan biota laut, serta pergerakan massa air. 


Full Text:

PDF

References


——————, 2009, Kepulauan Karimunjawa, www.kompas.com/kompascetak/0501/08/wisata/1454122.htm, diakses tanggal 15 Juni 2009.

Marnane, M., R.L. Ardiwijaya, J.T. Wibowo, S.T. Pardede, A. Mukminin, Y. Herdiana., 2004, Study on Muro-ami fishing activity in Karimunjawa Islands, September 2003, Wildlife Conservation Society – Marine Program Indonesia. Bogor, 26 hal.

Nybakken, J.W. 1998. Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologi. Penerjemah: M. Eidman, Koesoebiono, D.G. Bengen, M. Hutomo dan S. Sukarjo. PT. Gramedia. Jakarta. 459 hal.

Wattayakorn, G., 1988, Nutrient Cycling in estuarine. Paper presented in the Project on Research and its Application to Management of the Mangrove of Asia and Pasific, Ranong, Thailand, 17 pp.

Steel, R.G.D. dan J.H. Torrie, 1980, Prinsip dan Prosedur Statistika: Suatu pendekatan Biometric, Terjemahan dari Principles and Procedures of Statistic (oleh Sumantri dan Bambang), PT Gramedia, Jakarta.

Brotowidjoyo, M.D., D. Tribowo, E. Mubyarto., 1995, Pengantar Lingkungan Perairan dan Budidaya Air, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Edward dan M.S Tarigan, 2003, Pengaruh Musim Terhadap Fluktuasi Kandungan Fosfat Dan Nitrat Di Laut Banda, Makara Sains, Vol. 7, No. 2, Hal 82-89.

Koesoebiono, 1981, Plankton dan Produktivitas Bahari, Fakultas Perikanan-Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Wada, E. and A. Hattori, 1991, Nitrogen in The Sea: Form, Abundances and Rate Processes, CRC Press, Boca Raton, Florida.

Millero, F.J and M.L. Sohn., 1991, Chemical Oceanography, CRC Press, Boca Raton, Florida.

Muchtar, M dan Simanjuntak, 2008, Karakteristik dan Fluktuasi Zat Hara Fosfat, Nitrat dan Derajat Keasaman (pH) di estuary Cisadane pada Musim yang Berbeda, Dalam : kosistem Estuari Cisadane (Editor: Ruyitno, A. Syahailatua, M. Muchtar, Pramudji, Sulistijo dan T. Susana, LIPI: 139-148.

Sidjabat, 1976, Pengantar Oseanografi, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sidabutar, T dan Edward, 1994, Kualitas Perairan Selat Rosenberg dan Teluk Gelanit Tual Maluku Tenggara, Dalam : Prosiding Seminar Kelautan Nasional-1995 (Editor: Basri M. Ganie, 1995). Panitia Pengembangan Riset dan Teknologi Kelautan serta Industri Maritim, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v13i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats