Telaah Teoritis dan Perhitungan Komputasi untuk Penentuan Posisi Geografis dengan Menggunakan Global Positioning System (GPS)

Tri Wahyu Nigsih, Arsali Arsali, Akhmad Aminuddin Bama

Abstract


Global Positioning System (GPS) merupakan alat penentuan posisi benda di bumi dengan bantuan sinyal satelit yang ditampilkan pada pengguna GPS dalam bentuk garis lintang, bujur dan ketinggian. Perubahan sinyal satelit menjadi posisi pengguna di muka bumi secara teoritis diselesaikan dengan menggunakan Deret Taylor. Perhitungan posisi dilakukan secara komputasional dengan bantual program Matlab. Perhitungan komputasional dilakukan dengan bantuan empat satelit. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa semakin dekat posisi perkiraan semakin cepat konvergenannya. Meskipun demikian nilai perhitungan ini tidak dapat dibandingkan lagi pada iterasi keempat untuk beberapa kasus pada penelitian ini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v14i3.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats