Isolasi, Seleksi dan Karakterisasi Kapang Selulolitik Termotoleran, Serta Penambahan N, untuk Meningkatkan Laju Dekomposisi Jerami Padi

Almunady T. Panagan

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengomposan jerami padi dengan penambahan inokulum fungi selulolitik termotoleran dan nitrigen. Inokuladalah Actinomyces sp yang masuk dalam famili Actinomycetaceae. Inokulum Actinomyces sp diisolasi dari kayu lapuk yang berasal dari puncak, dengan laju respirasi pada serbuk jerami padi yang didelignifikasi dan non delignifikasi dengan kadar air 60%, masing-masing 648,0 dan 1629,0 mg CO2-C/kg/hari. Aktifitas CMC-Ase sebesar 2934,3 IU/ml filtrat, pada hari kelima.

Slama proses pengomposan terjadi penurunan nisbah C/N jerami padi dari 34,2 menjadi berkisar antara 15,5 (I atau kontrol) sampai 13,0 (IV). Hasil penelitian pengomposan menunjukkan bahwa pemberian hara N (1 g urea dalam 100 g jerami padi), pemberian inokulum Actinomyces sp (10 ml dalam 100 g jerami padi) dan kombinasi keduanya mampu mempercepat proses pengomposan jerami padi. Hal ini tercermin dengan lebih tingginya suhu proses pengomposan, penyusutan bobot, penyusutan volume dan penurunan nisbah C/N, sedangkan unsur hara kompos yang terbentuk meningkat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v0i15.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats