Analisis Kandungan Kalsium Skeleton Fetus Mencit (Mus Musculus L.) Setelah Pendedahan Morfin Selama Periode Organogenesis

Arum Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh morfin yang diberikan pada Mencit (Mus musculus L.) bunting selama masa organogenesis terhadap kandungan kalsium skeleton fetusnya. Tiga puluh ekor Mencit bunting secara acak dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan dengan 6 ulangan. Morfin dilarutkan dalam aquabides, diberikan secara intrmuskular pada saat kebuntingan hari ke-6 sampai hari ke-15. Dosis perlakuan Morfin adalah 0,02; 0,15 dan 0,13 mg/20g bb, sedang sisanya sebagai kontrol dan plasebo. Pada hari ke-18 induk dikorbankan dan dibedah cesar. Fetus diambil tulang panjang dari ekstremitas posteriornya (tibia) dengan cara amputasi. Sampel tulang dipreparasi dengan menggunakan metode Von Kossa Perak Nitrat. Untuk mendeteksi kalsium dalam matriks tulang diamati pada zona ossifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan kalsium os tibia fetus Mencit mengalami penurunan yang signifikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v0i15.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats