Penentuan Pola Distribusi Tahanan Jenis Untuk Benda Vertikal yang Tertanam di Bawah Permukaan Menggunakan Program Res2dinv

Frinsyah Virgo

Abstract


Penelitian ini telah berhasil membuat suatu model fisis untuk salah satu analogi bentuk benda vertikal yang tertanam di bawah permukaan bumi. Model fisis tersebut berupa sebuah bak kaca yang diisi dua lapisan tanah lempung dengan tahanan jenis berbeda, dimana diantara dua lapisan tersebut ditanam benda anomali berbentuk silinder berongga yang terbuat dari tanah lempung. Konfigurasi elektroda yang digunakan dalam pengukuran menggunakan konfigurasi Wenner-Schlumberger. Kemudian untuk melihat pola distribusi tahanan jenis dalam arah lateral dan per level kedalaman, maka digunakan 8 buah lintasan pengukuran dengan spasi eletroda 5 cm. Pengolahan dan analisa data menggunakan program Res2dinv. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak dan posisi benda vertikal di bawah permukaan belum dapat ditentukan secara akurat, hal ini disebabkan karena pola kontur tahanan jenis dalam arah vertikal yang terbentuk tidak menutup.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v0i13.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats