Aktivitas Enzim Peroksidase dan Polifenoloksidase pada Beberapa Varietas Kedelai (Glycine Max(L.) Merril) yang Terserang Penyakit Karat

Harmida Harmida, Juswardi Juswardi

Abstract


Penelitian tentang Aktivitas enzim peroksida (PO) dan polifenoloksidase (PFO) pada beberapa varietas kedelai (Glycine max (L.) Merril) telah dilakukan dari bulan Juli sampai Desember 2000 bertempat di Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas PO dan PFO antara tanaman kedelai baik yang terserang maupun tidak terserang penyakit karat. Pada tanaman yang terserang penyakit karat terjadi peningkatan aktivitas PO dan PFO. Untuk mengetahui sifat resistensi tanaman kedelai terhadap penyakit karat (Phakopsora pachyrizi Syd) dapat dievaluasi melalui aktivitas PO dan PFO.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v0i9.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats