Langkah dan Strategi Penelusuran Pada Online Searching: Studi Kasus Penelusuran Informasi Bidang Ilmu Oseanografi

Halim Sobri, Murniati Murniati

Abstract


Ketersediaan layanan informasi dengan memanfaatkan alat penelusuran seperti OPAC, CD-ROM dan internet yang melayani kebutuhan informasi bagi pemakainya, seperti para ilmuwan, saat ini cenderung kurang dimanfaatkan. Kesulitan pemakaian alat penelusuran ini sebenarnya dapat diatasi dengan memanfaatkan bantuan seorang intermediary (penelusuran informasi), dimana tugas intermediary ini adalah merencanakan langkah dan strategi suatu pencarian informasi yang dikehendaki oleh pemakai.

Dalam eksperimen ini akan dibahas tentang penelusuran informasi dari kebutuhan informasi seorang peneliti dengan topik: “Ingin membuat Model Numerik Gelombang Permukaan Laut di Lingkungan Laut Jawaâ€. Setelah melalui proses komunikasi antara pemakai dengan intermediary sehingga terbuatlah rancangan dalam bentuk facet-facet yang selanjutnya dengan menggunakan operator Boolean facet-facet tersebut divariasikan sehingga terbentuk term-term penelusuran.

Dari hasil penelusuran ternyata diperoleh nilai precision mencapai 0,78 yang berarti ini merupakan hasil yang sangat memuaskan bagi pemakai tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v0i10.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats