Pengembangan Teknik Bioleaching: Pertumbuhan Isolat Bakteri Desulfurisasi dari Tanjung Enim Sumatera Selatan pada Beberapa Ukuran Partikel (Mesh) Batubara

Sri Pertiwi Estuningsih

Abstract


Penelitian tentang “Pengambangan teknik Bioleaching: Pertumbuhan isolat bakteri desulfurisasi, dari Tanjung Enim Sumatera Selatan pada berbagai ukuran partikel (mesh) batubara†telah dilakukan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan ukuran partikel batubara dengan 4 taraf (50, 100, 150, 200 mesh). Semua perlakuan diulang masing-masing 3 (tiga) kali.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran partikel batubara berpengaruh nyata pada jumlah se/m dan laju pertumbuhan. Perlakuan yang terbaik diperoleh pada ukuran batubara 100 mesh dengan jumlah sel 5,59 X 109 dan laju pertumbuhan 0,058 ln sel/jam. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v0i10.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats