Biocontrol of Flesh Fly And Blow Fly; Attracting of Sarcophaga Carnaria & Lucilia Caesar by The Smell of Fread Salted and Dried Fish

Hanifa Marisa

Abstract


Penelitian berkenaan prospek biokontrol lalat bangkai dan lalat berdengung telah dilakukan di Indralaya pada Nopember 2007. Ikan asin dan ikan sale digunakan sebagai unpan untuk menarik lalat-lalat tersebut dengan cara menggorengnya di wajan menggunakan kompor. Jala serangga digunakan untuk mengkapi lalat-lalat yang datang. Perangkap botol plastik yang diisi ikan asin dan ikan sale tersebut juga ditempatkan di halaman untuk melihat apakah lalat datang untuk mendapatkan makanan atau juga untuk tempat bertelur. Penelitian membuktikan bahwa Sarcophaga camaria dan Lucilia caesar tertarik untuk umpan dau ikan yang digoreng dan terlihat bahwa lalat bangkai (S camaria) aktif di pagi hari dan lalat berdengung (L caesar) aktif di sore hari. Juga terbukti bahwa lalat mencari bau ikan untuk bertelur.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v11i2.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats