Optimasi penggunaan High Performance Liquid Chromatography (HPLC) untuk analisis asam askorbat guna menunjang kegiatan Praktikum Bioteknologi Kelautan

Novi Angraini, Putri Desmaniar

Abstract


Praktikum Bioteknologi Kelautan merupakan salah satu praktikum yang ada di Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA Universitas Sriwijaya. Salah satu materi yang ada adalah analisis ekstrak dengan HPLC. Ekstrak yang berasal dari produk laut seperti mangrove akan dianalisis kandungan antioksidannya dengan HPLC. HPLC dengan metode fase terbalik dapat digunakan untuk menentukan asam askorbat sebagai salah satu antioksidan pada sampel produk laut. Metode ini diaplikasikan dengan menggunakan kolom C18 ukuran 150 mmL x 46 mmi.d dan dideteksi pada panjang gelombang 264 nm dengan fase gerak campuran asam asetat 0.1 % dan metanol 60 : 40. Metode ini akan menunjang kegiatan Praktikum Bioteknologi Kelautan yang ada pada Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA Unsri pada materi analisis kandungan ekstrak dengan HPLC.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v22i2.583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats