Pemodelan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Komputer Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Dian Cahyawati S, Ali Amran

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan model prediksi peluang tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboratorium komputer di Jurusan Matematika. Variabel-variabel bebas yang diamati adalah Penunjang Proses Pembelajaran, Empati, Keandalan, Jaminan, Peranan Asisten, Fasilitas Komputasi, Fasilitas Tetap, Keberadaan Asisten, dan Kredibilitas. Pembentukan model dilakukan dengan metode regresi logistik ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua faktor yang diamati signifikan berpengaruh pada taraf 5%, dengan tingkat ketepatan model sebesar 86,51%. Faktor yang memberikan kontribusi terbesar ter-hadap peningkatan peluang kepuasan mahasiswa adalah faktor Penunjang Proses Pembelajaran di laborato-rium. Faktor ini memuat atribut-atribut pelayanan laboratorium, yaitu ketersediaan fasilitas internet, layanan mengetik gratis, kepemilikan AC dan fasilitas visual (LCD dan Layar), dan ketersediaan air minum. Atribut-atribut ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan pelayanan laboratorium komputer di Jurusan Matematika.

Full Text:

PDF

References


Agresti, A., 2000, Categorical Data Analysis, John Wiley & Sons, New York

Cahyawati, D., 2010, Analisis Faktor-Faktor yang Mem-pengaruhi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Komputer Jurusan Matematika Fakultas MIPA, Jurnal Penelitian Sains, Vol, 13 No, 3, FMIPA Universitas Sriwijaya

Hosmer, D.W., & S. Lemeshow, 2002, Applied Multivariate Statistical Analysis, Prentice Hall, New Jersey

Kleinbaum, D.G., & Klein, M., 2002, Logistic Regression, Springer, New York




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v16i2.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats