Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jabatan Fungsional Dosen di Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya Menggunakan Regresi Logistik Ordinal

Sukmalina Sukmalina, Dian Cahyawati, Oki Dwipurwani, Indrawati Indrawati

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap jabatan fungsional dosen dan mendapatkan bentuk model regresi logistik. Metode yang digunakan adalah analisis regresi logistik ordinal dengan variabel independen bidang ilmu, masa kerja dosen, golongan ruang, pendidikan terakhir, usia, jenis kelamin, jumlah dokumen jurnal ilmiah, dan jumlah sitasi jurnal ilmiah. Data yang digunakan adalah karakteristik individu dosen yang diperoleh dari staff kepegawaian fakultas MIPA Universitas Sriwijaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh signifikan terhadap jabatan fungsional dosen adalah variabel bidang ilmu, masa kerja dosen, golongan ruang, dan pendidikan terakhir. Model regresi logistik ordinal yang terbentuk adalah. Berdasarkan hasil odds ratio, peluang dosen dengan pendidikan terakhir doktor cenderung memiliki jabatan fungsional sebagai lektor 0,0297 kali lebih kecil dibandingkan dengan dosen dengan pendidikan terakhir magister. Tingkat kesesuaian hasil prediksi model regresi logistik ordinal sebesar 98,96%, artinya model yang digunakan tergolong sangat baik untuk memprediksi jabatan fungsional dosen di fakultas MIPA Universitas Sriwijaya.

Full Text:

PDF

References


Mahyuni, Karnan, Safruddin, S. R. H. Intiana, and Rispawati, “Strategi Akselerasi Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen FKIP Universitas Mataram,†J. Pengabdi. Masy. Sains Indones., vol. 2, no. 1, pp. 52–56, 2020, doi: 10.29303/jpmsi.v2i1.22.

U. Sriwijaya, Buku Pedoman Penetapan Angka Kredit. 2011.

A. Atti, K. B. Ginting, and M. Z. Ndii, “Analisis Karakter Dosen dalam Melakukan Penelitian dengan Metode Chi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID),†J. Difer., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2019.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v25i1.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats