Identifikasi Tipe Percampuran Berdasarkan Karakterisitk Parameter Fisis Pada Musim Timur Dan Musim Peralihan II Di Muara Sungai Seluma

Triana Rahmadhanti, Suwarsono Suwarsono, Supiyati Supiyati

Abstract


Muara Seluma merupakan salah satu muara di Kabupaten Seluma yang banyak dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat dan aktivitas alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe percampuran estuari pada musim timur dan musim peralihan II berdasarkan karakteristik parameter fisis di muara sungai seluma berupa kecepatan arus, suhu, salinitas dan tipe percampuran estuari. Hasil penelitian menunjukkan yaitu kecepatan arus yang tertinggi saat kondisi pasang berada pada mulut muara sebesar 1,3 m/s dan saat kondisi surut kecepatan arus yang tertinggi berada pada hulu muara sebesar 0,8 m/s, temperatur yang tertinggi saat kondisi pasang  berada pada mulut muara 27,7 oC, salinitas tertinggi adalah sebesar 7 ppt berada pada mulut muara, kedalaman muara relatif sangat dangkal dengan kedalaman maksimal yaitu 3,5 meter. Sedangkan pada musim peralihan II di lokasi penelitian kedua, kecepatan arus tertinggi saat kondisi pasang 1,1 m/s pada mulut muara dan saat kondisi surut kecepatan arus tertinggi adalah sebesar 0,7 m/s, temperatur tertinggi saat kondisi pasang adalah sebesar 26,3 oC, salinitas tertinggi adalah sebesar 6,5 ppt dengan kedalaman maksimal 3,5 meter. Berdasarkan perhitungan bilangan estuari Muara Seluma mempunyai tipe estuari Salt Wedge Estuary yang terstratifikasi dengan baik yang ditunjukkan oleh besar bilangan estuarinya < 0,005 dan bilangan rationya < 1.


Full Text:

PDF

References


Azis, M. F. 'Tipe Estuari Binuangen (Banten) Berdasarkan Distribusi Suhu dan Salinitas Perairan'. Oseanologi dan Limnologi. Vol. 33, pp. 97–110., 2007.

Tejakusuma, I. G. 'Geologi Lingkungan Estuaria'. In Alami, Vol. 10, No. 3, pp. 35–39., 2005.

Zhen-Gang, J. Hydrodynamics and Water Quality: Modelling Rivers, Lakes, and Estuaries. United States: John Wiley and Sons, pp. 2008.

Nontji, A. Laut Nusantara (Cetakan Ketiga). Jakarta: Djambatan, pp. 2005.

Triadmodjo, B. Teknik pantai. Yogyakarta: Beta Offset, pp. 1999.

Ramadoni, Surbekti, H., Ulqodry, T. Z., Isnaini, & Aryawati, R'. The Characteristics of Water Mass and Estuary Type At Sugihan Estuary , Province of South Sumatera'. Maspari Journal, Vol. 10, No. 2, pp. 169–178., 2018.

Sari, P. D. Karateristik Besaran Fisis dan Tipe Estuari Di Perairan Muara Sungai Air Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu, pp. 2021.

Ongkosono, O.S.R. Kuala, Muara Sungai dan Delta. LIPI: Jakarta, pp. 2010.

Suprayogi, Imam. 'Pengembangan Model Pengembangan Peramalan Intrusi Air Laut di Estuari Menggunakan Pendekatan Softcomputing'. Pekan Baru: Universitas Riau., pp. 2011.

Valle-Levinson, A. 'Definition and classification of estuaries'. Contemporary Issues in Estuarine Physics, pp. 1–11. ., 2010. https://doi.org/10.1017/CBO9780511676567.002




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v25i2.761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats