Analisis Prestasi Atlet Olah Raga Taekwondo Menggunakan Analisis Jalur (Studi Kasus Atlet Taekwondo-In di Karigamas Sport Club-Palembang)

Sri Indra Maiyanti, Oki Dwipurwani, Ratu Yuliana

Abstract


Analisis jalur merupakan metode statistika yang digunakan untuk menganalisis hubungan kausal antar peubah dimana peubah-peubah bebas mempengaruhi peubah terikat, baik secara langsung, maupun tidak langsung melalui satu atau lebih peubah antara. Dalam makalah ini digunakan analisis jalur (path analysis) dalam bidang olah raga, khususnya olah raga taekwondo, yaitu untuk menganalisis pengaruh langsung dan tak langsung peubah-peubah fisik atlet, latar belakang keluarga, komitmen atlet, persepsi tentang lingkungan dan sarana prasarana di dalam dojang, persepsi tentang pelatih, persepsi tentang lingkungan di luar dojang terhadap peubah motivasi dan prestasi seorang taekwondo-in. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner sebanyak 102 responden dari taekwondo-in karigamas sport club. Hasil analisis jalur menunjukkan faktor fisik dan persepsi tentang fasilitas diluar dojang signifikan berpengaruh secara langsung terhadap motivasi atlet, pada taraf signifikansi 1%. Sedangkan faktor lainnya berpengaruh secara langsung pada taraf 10%. Faktor fisik juga signifikan berpengaruh secara langsung terhadap prestasi atlet pada taraf signifikansi 1%, demikian juga dengan faktor motivasi. Sedangkan faktor lainnya berpengaruh terhadap prestasi pada taraf 10%. Faktor fisik memberikan pengaruh total (langsung ditambah pengaruh tak langsung) terbesar yaitu 0,31 artinya semakin meningkat fisik atlet yang ditandai dengan meningkatnya usia, tinggi tubuh dan berat badan atlet akan meningkatkan motivasi taekwondo-in yang selanjutnya peningkatan motivasi tersebut juga akan meningkat prestasi atlet sebesar 31%. Kemudian diikuti oleh faktor motivasi, fasilitas dalam dojang, latar belakang keluarga dan lingkungan diluar dojang. Dengan demikian, faktor-faktor tersebut perlu diprioritaskan sesuai urutan pengaruhnya dalam meningkatkan prestasi atlet taekwondo-in di Karigamas sport club Palembang. 


Full Text:

PDF

References


Bollen, K.A., 1989, Structural Equations Model With

Latent Variables, New York,

Gunarsa, S.D. dkk. 1995, Psikologi Olahraga Teori dan

Praktik, Jakarta: Bpk Gunung Mulia.

J¨oreskog, K.G. D. and S¨orbom, 1996, Lisrel 8.5: User’s

Reference Guide, Scientific Software International Inc.,

Chicago.

Rizain, 2006, Siapa tak menanam, dia tak menuai,

Kompas, 19 desember 2006

Sharma, S., 1996, Applied Multivariate Techniques, John

Wiley & Sons Inc., New York




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v15i1.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats