Identifikasi Litologi Batuan Menggunakan Metode Geolistrik Sebagai Penyelidikan Awal Pembangunan Turap di Tepi Sungai

Thamara Dina Asyari, Siti Sailah, Jorena Jorena, Hadir Kaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui litologi batuan untuk menentukan posisi terbaik kedalaman tiang pancang pembangunan turap di bawah permukaan. Metode yang digunakan adalah metode geolistrik konfigurasi Wenner – Schlumberger. Data pengukuran geolistrik yang digunakan  adalah lintasan di tebing sungai di lokasi yang saling berdekatan yaitu daerah X dan Y dengan  panjang lintasan daerah X 60 meter dan daerah Y  120 meter. Dari hasil pengolahan data menggunakan software Re2Dinv diperoleh nilai resisttivitas dengan rentang 12,3 – 976 Ωm dengan kedalaman maksimum 6,38 meter untuk daerah x dan 85,1 – 3308 Ωm dengan kedalaman maksimum 18,5 meter pada daerah. Berdasarkan hasil penampang 2D,  nilai resistivitas  diinterpretasi berdasarkan tabel acuan Telford dan peta geologi, 2 daerah penelitian ditemukan litologi yang tersusun yaitu lempung,lempung pasiran, pasir,kerikil dan batu pasir. Setelah diketahui litologi dan kedalaman pada daerah penelitian kemudian pada daerah X direkomendasikan posisi  tiang pancang seharusnya dibangun pada kedalaman 3 - 6 m dan pada daerah Y direkomendasikan sebaiknya dibangun pada kedalaman 8 – 18,5 m. Tiang pancang sebaiknya diletakkan sampai pada batuan lempung terdalam.

 

Kata kunci : Metode geolistrik, Wenner – Schlumberger, Turap, Res2Dinv, Sungai.


Full Text:

PDF

References


As’ari; Tongkukut,S.H.J; Tamuntuan, G.H. Investigasi bidang gelincir tanah longsor menggunakan metode geolistrik konfigurasi dipol –dipol sebagai upaya mitigasi bencana alam di Kabupaten Minahasa. Jurnal MIPA UNSRAT.2018, 7(2) : 33-36 .

Huda, A. M. M. Pemetaan Air Tanah Menggunakan Metode Resistivitas Wenner Sounding (Studi Kasus Kampus II Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Jurnal Neutrino. 2012, 3(2), 175–188.

Kusuma, R,K.; Mina, E.; Ikhsan, I. Tinjauan Sifat Fisis dan Mekanis Tanah. Jurnal Fondasi. 2016, 2(5) : 30 – 39.

Mulyasari, R.; Darmawan, I. G. B.; Haerudin, N. Perbandingan Konfigurasi Elektroda Metode Geolistrik Resistivitas untuk Identifikasi Litologi dan Bidang Gelincir di Kelurahan Pidada Bandar Lampung. Journal Online of Physics. 2021, 6(2), 16–23.

Pranata, K.B dkk. Penerapan Metode Resistivitas untuk Identifikasi Penyebab Rawan Longsor pada Daerah Aliran Sungai Brantas Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Neutrino. 2016, 2 (8) : 67-72

Santoso, D. Pengantar Teknik Geofisika. Percetakan ITB Bandung.2002.

Saputra, F.; Baskoro, S. A.; Supriyadi, S.; Priyantari, N. Aplikasi Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner dan Wenner-Schlumberger pada Daerah Mata Air Panas Kali Sengon di Desa Blawan-Ijen. Jurnal Berkala Sainstek. 2020, 8(1),20.

Telford, W.; Geldart, P.,;Shreiff, E.; Keys, A. Applied Geophysics Second Edition, Cambridge: Cambridge University Press. 1990.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v25i3.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats