Analisis Proksimat Terhadap Kualitas Batubara di Pit dan Stockpile Blok X PT. Batualam Selaras, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan

Mifta Rizki Azzahra, Endang Wiwik Dyah Hastuti

Abstract


PT. Batualam Selaras merupakan Perusahaan pertambangan batubara yang berlokasi di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Pada industri pertambangan kualitas batubara merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dan dijaga agar tetap sesuai dengan kesepakatan yang ditetapkan oleh konsumen kepada perusahaan. Menurunnya kualitas batubara dapat terjadi karena adanya kontaminasi batuan lain yang ikut terbawa pada saat pengangkutan batubara, serta genangan air pada pit dan stockpile yang kurang kurang optimal penanganannya. Penelitian ini dilakukan dengan menghitung nilai kualitas batubara di pit dan stockpile mennggunakan metode analisis proksimat. Dari pengamatan dan pengolahan data yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil rata-rata di pit yaitu nilai kandungan air sebesar 33,39%, kandungan zat terbang sebesar 40,92%, kandungan karbon tetap sebesar 37,43%, kandungan kadar abu sebesar 6,41% dengan rata-rata nilai kalori sebesar 5413 Kcal/kg. sedangkan hasil rata-rata di stockpile yaitu nilai kandungan air sebesar 34,98%, kandungan zat terbang sebesar 39,80%, kandungan karbon tetap sebesar 35,14%, kandungan kadar abu sebesar 9,37% dengan rata-rata nilai kalori sebesar 5193 Kcal/kg. Pengaruh kandungan air dan kadar abu yang meningkat akan mengakibatkan menurunnya nilai kalori pada batubara. Pengaruh zat terbang dan karbon tetap yang menurun akan mengakibatkan menurunnya nilai kalori pada batubara.


Full Text:

PDF

References


`Prijono, Achmad, dkk., 1992, “pengertian Batubaraâ€, ptba.co.ic/knowledge/index/6/pengertian-batubara. Reningtyas Renung, Mahreni, 2015 “niosurfaktan†Eksergi vol XII, no 2, ISSN:1410-394X. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta.

Sukandarrumidi. (1995). Batubara dan Gambut. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pamekas, S., Nudrajat, Ghani, R.M.G. (2019). Kerangka Sekuen Pengendapan Batubara Berdasarkan Analisis Nilai Sulfur dan Kadar Abu Daerah Bentarsari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Bandung: Padjadjaran Geoscience Journal

Thomas, L. (2013). Coal Geology. In: John Whilem and Sons

ASTM. (1981). Annual Book of ASTM. USA: Philadelphia

Thomas, L. (2013). Coal Geology. In: John Whilem and Sons




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v26i1.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats