Analisis Stabilitas Lereng Terhadap Kerentanan Longsor Di Daerah Kisau Dan Sekitarnya, Kecamatan Muara Dua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan

Anggun Prihandayani, Harnani Harnani

Abstract


Daerah penelitian terletak di Desa Kisau dan sekitarnya, Kecamatan Muara Dua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Daerah penelitian memiliki topografi yang curam, intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan pelapukan yang tinggi dan penggunaan lahan yang tidak tepat menjadi pemicu terjadinya longsor. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kestabilan lereng terhadap kerentanan longsor agar dapat mengurangi risiko bencana longsor. Selain itu, analisis ini juga menggunakan parameter dari morfologi elevasi dan kemiringan lereng daerah penelitian, dan juga menggunakan metode Unconfined Compressive Strength. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendapatkan nilai keruntuhan dan hubungan terhadap konsistensi tanah, serta untuk mengetahui tegangan dan regangan dari analisis yang dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Karnawati, Dwikorita. 2005. Bencana Alam Gerakan Massa Tanah di Indonesia dan Penanggulangannya. Yogyakarta. Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Highland, L. dan Johnson, M. (2004). Landslide Types and Processes. Jakarta : Depar-temen Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.

Huggett, R. J. 2017. Fundamentals of Geomorphology. USA and Canada: 4th edition. Juleha, 2016. Analysis of Rain Intensity Methods at Rokan Iv Koto, Ujung Batu, and Tandun Rain Stations to Represent Water Availability in the Rokan River. Journal of Engineering Students UPP 1, 110443 vol: issue: 2016. Riau 62.

Widyatmanti, W., Wicaksono, I., Syam, P. D. R., 2016, Identification of topographic el-ements composition based on landform boundaries from radar interferometry segmen-tation (preliminary study on digital landform mapping). IOP Conference Series: Earth and Enviromental Science, 37(1). Author 1, A.B.; Author 2, C. Title of Unpublished Work. Abbreviated Journal Name year, phrase indicating stage of publication (submitted; ac-cepted; in press).

Yassar, M., 2020. Aplikasi Weighted Overlay Pada Pemetaan Tingkat Probabilitas Zona Rawan Bencana Longsor di Kabupaten Sumedang, Jurnal Geosains dan Penginderaan Jauh Jawa Barat (JGRS) Vol 1 No 1 (2020) 1-10. Teknik Geofisika, Universitas Lampung. Lampung.

Gafoer, S. Amin, T.C dan Pardede R. 1993. "Peta Geologi Segi Empat Baturaja, Su-matera". Indonesia: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Josep E Bowles, Josep E, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah), 1993, Erlangga.

Hardiyatmo, H.C Mekanika Tanah 1.Pt Gramedia Pustaka Utama.

Braja M Das, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik), Jilid I, 1993, Er-langga, Jakarta.

Braja M Das, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik), Jilid II, 1993, Er-langga, Jakarta.

ASTM, 2003, Buku Tahunan Standar ASTM, bagian 4, volume 04.08 Tanah dan Batuan.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v26i1.918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats