Menentukan Distribusi Temperatur dengan Menggunakan Metode Crank Nicholson

Siti Sailah

Abstract


Dalam suatu benda yang memiliki gradien temperatur maka akan terjadi perpindahan energi atau perambatan panas dari bagian yang bertemperatur tinggi ke bagian yang bertemperatur rendah. Proses perambatan panas tersebut dapat diperlihatkan oleh distribusi temperaturnya. Perhitungan distribusi temperatur melibatkan persamaan diferensial parsial. Bentuk model matematis perambatan panas adalah persamaan parabolik. Persamaan panas 1D ini didekati dengan menggunakan metode Crank Nicholson serta penyelesaian Gauss-Seidel. Hasil menunjukkan bahwa terjadi perambatan panas menuju bagian tengah benda karena ujung-ujung benda dipertahankan bertemperatur 00C dan temperatur menurun sebagai fungsi waktu karena terjadi perpindahan panas ke bagian lain.


Full Text:

PDF

References


Fowler, C.M.R., 1990, The Solid Earth, Cambridge University Press, New York

Supriyono, 2005, Aplikasi Metode Elemen Hingga Untuk Perhitungan Perambatan Panas Pada Kondisi Tunak, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi

Incropera, F.P., et.al., 1981, Fundamentals of Heat Transfer, John Wiley & Sons, Inc.

Holman, J.P, 1997, Perpindahan Kalor, Penerbit Erlangga

Kreyszig, E., 1988, Matematika Teknik Lanjutan, John Wiley & Sons, Inc.

James, M.L., et.al., 1993, Applied Numerical Methods for Digital Computation, HarperCollins College Publishers




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v13i2.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats