Pembuatan Elektroda Fuel Cell dengan Metode Elektrodeposisi Menggunakan Katalis Pt-Cr/C dan Pt/C dan Karakterisasinya

Dedi Rohendi, Yulinar Adnan

Abstract


Telah dilakukan penelitian Pembuatan Elektroda Fuel Cell dengan Metode Elektrodeposisi Menggunakan Katalis Pt-Cr/C dan Pt/C yang dilanjutkan dengan karakterisasi konduktivitas dan massa terdeposisi. Penelitian diawali dengan membuat backing layer dari substrat karbon dengan pengikat teflon emulsion dengan perbandingan karbon dan teflon emulsion 1 : 1, kemudian dikarakterisasi konduktivitasnya. Elektroda Fuel Cell dibuat dengan melakukan elektrodeposisi larutan platina (H2PtCl6.6H2O) dan larutan krom (CrCl6.6H2O) pada backing layer dengan konsentrasi bervariasi pada beda potensial 7,5 Volt dan waktu 10 menit. Hasil pengamatan konduktivitas backing layer menunjukkan bahwa backing layer yang dibuat sudah memenuhi syarat sebagai backing layer fuel cell dengan konduktivitas rata-rata sebesar 1,8133.10−1 mhos untuk permukaan dan 2,397.10−2 mhos untuk konduktivitas penampangnya. Hasil elektrodeposisi Pt dan Cr pada backing layer untuk membuat elektroda Pt-Cr/C dan Pt pada backing layer untuk membuat elektroda Pt/C menunjukkan konduktivitas elektrik permukaan mengalami kenaikan, sementara konduktivitas penampangnya tidak mengalami kenaikan secara signifikan. Hasil elektrodeposisi juga menunjukkan bahwa massa katalis Pt dan Cr terdeposisi paling banyak dalam elektroda Pt-Cr/C diperoleh pada komposisi massa Pt : Cr = 40 : 60 dan massa katalis Pt terdeposisi paling banyak dalam elektroda Pt/C diperoleh pada massa Pt = 0,6 mg/cm2.


Full Text:

PDF

References


Carrete, L., K.A. Friedrich, dan U. Stimming, 2000, Fuel Cells: Principles, Type, Fuels, and Aplications, Chemphyschem, 1: 162-193.

EG&G Services Parsons, Inc., 2000, Fuel Cell Handbook, Fifth Edition, U.S. Department of Energy Office of Fossil Energy National Energy Technology Laboratory.

Ralf, Z., et all., 2002, Gas Diffusion Structures and Gas Diffusion Electrodes for Plymer Electrolyte Fuel Cells, United States Patent Application No. 0041992..

Hayashi, K. Furuya, 2004, Preparation of Gas Diffusion Electrodes by Electrophoretic Deposition Journal Of The Electrochemical Society, 151 (3): A354-A357; Mar 2004

Jayashree, R.S., et al., 2005, Characterization and application of Electrodeposited Pt, Pt/Pd, and Pd Catalyst Structures for Direct Formic Acid Micro Fuel Cells, Electrochimica Acta 50,4674-4682.

Luczak,F.J. dan D.A. Landsman, 1984, Ternary fuel cell catalysts containing platinum, cobalt and chromium, United States Patent 4447506.

Rohendi, D., N. Rusnaeni, dan Z. Fanani, 2006, Pembuatan Elektroda Polymer Electrolyte Fuel Cell (PEFC) dengan Metode Casting Menggunakan Katalis Pt-Co/C, Laporan Penelitian Hibah Bersaing XIII

Ismail, S. dan D. Rohendi, 2003, Modification on Electrode System to Increase Performance of Polymer Electrolyte Fuel Cell (PEFC), Proceedings of Regional Symposium on Chemical Engineering 2003, Metro Manila, Philipines




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v13i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats