Studi Gangguan Kaporit terhadap Analisis Natrium secara Spektroskopi Atom

Nova Yuliasari

Abstract


Penelitian gangguan kaporit sebagai desinfektan terhadap analisis Natrium (Na) menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom pada air ketel (Waste Heat Boiler dan Package Boiler) dan air pendingin pabrik PT.PUSRI telah dilakukan. Kaporit berkonsentrasi 1 ppm hingga 30 ppm menghasilkan klorida (Cl−) sebesar 39,9% hingga 31,57 %. Persamaan garis lurus dari hubungan ini adalah [Cl−] = 0, 3209[kaporit] + 0, 1569, dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,9982. Larutan Na 1 ppm dengan variasi konsentrasi klorida (Cl−) dari 0 ppm hingga 150 ppm tidak memberikan kecenderungan perubahan hasil pengukuran. Air ketel (WHB dan PB) tidak mengandung Na dan mengandung klorida masing-masing sebesar 0,16 ppm dan 0,24 ppm. Air pendingin mengandung Na sebesar 27,38 ppm dan klorida sebesar 240,63 ppm. Perbandinga Na dan klorida pada air pendingin sebesar 1 : 8, 79 ppm masih dibawah perbandingan konsentrasi Na dan Klorida pada penelitian ini. Klorida pada air ketel dan air pendingin pabrik PT. PUSRI disimpulkan tidak mengganggu analisis Na menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom.


Full Text:

PDF

References


Soeroso, H., Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dengan Pemilihan Inhibitor Korosi yang Tepat, Proceeding LIPI, Serpong

Widharto, 1999, Karat dan Pencegahannya, PT. Pradnya Paramita, Jakarta

Anonim, 2006, Filosofi Proses Pabrik Utilitas PUSRI, Dinas Teknik Proses, PT.PUSRI Palembang

Anonim, 1982, Analytical Methods for Atomic Absorption Spectrophotometry, Perkin Elmer, Norwalk, USA

Skoog, D., 1985, Principles of Instrumental Analysis, 3rd, Philadelphia : Saunders Golden Sunburst Series

Anonim, 1990, Water Quality and Treatment: A Handbook of Community Water Supplies, 4th ed., American Water Works Association, McGraw-Hill, Inc. USA

Basset, J., 1994, Kimia Analysis Kuantitatif Anorganik, Buku Ajar Vogel, Edisi 4, EGC, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v12i3.168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats