Isolasi Bakteri Termofilik Penghasil Biosurfaktan yang Ber-potensi sebagai Agen MEOR (Microbial Enhanched Oil Re-covery) dari Sumur Minyak di Sungai Angit

Rora Eva Laini, A. Napoleon A. Napoleon, Munawar Munawar

Abstract


Salah satu teknik EOR yang dikembangkan saat ini adalah memanfaatkan mikroba yang dikenal den-gan microbial enhanced oil recovery (MEOR). MEOR merupakan teknologi yang memanfaatkan aktivitas mikro-ba dan dilakukan dengan tujuan meningkatkan perolehan minyak pada suatu reservoir minyak bumi dengan cara menginjeksikan mikroba ke dalam reservoir tersebut. Riset ini bertujuan untuk mendisolasi bakteri termo-filik penghasil biosurfaktan yang berpotensi sebagai agen MEOR. Sampel minyak diambil dari tiga sumur mi-nyak yang berbeda di desa Sungai Angit, Musi Banyuasin menggunakan metode Multiple Sampling. Bakteri yang berhasil diisolasi diuji kemampuannya bertahan hidup pada suhu tinggi dan kemampuannya menghasil-kan biosurfaktan. Ada 8 bakteri hasil isolasi, namun hanya 7 yang lolos uji termofilik dan 3 bakteri yang secara signifikan menghasilkan biosurfaktan, yaitu : Pseudomonas citronellolis, Pseudomonas fluorescens dan Burkholde-ria glumae.


Full Text:

PDF

References


Asnawati. 2001. Pengaruh Temperatur Terhadap Reaksi Fosfonat dalam Inhibitor Kerak pada Sumur Minyak. Jurnal Ilmu Dasar, Vol.2 No.1, 2001 :20.

Desai, J.D. and Banat, I.M. 1997. Microbial Production of Surfantant and Their Commercial Potential. Microbi-logy and Molecular Biology. Review. P.47 – 64.

Donaldson, E.C., Chilingarian, G.V., and Yen, T.F. 1989. Microbial Enhanced Oil Recovery. Developments in Petroleum Science, vol 22. Elsevier Science Publish-er, Asterdam.

Jinfeng,L., Lijun, M., Bozhong, M., Rulin, L., Fangtian, N., and Jiaxi, Z. 2005. The field pilot of microbial en-hanced oil recovery in a high temperature petroleum reservoir. Journal of Petroleum Science and Engineering 48 (2005) 265– 271.

Juli, N. dan Virmuda, B. 2001. Penelitian Awal Terha-dap Delapan Isolat Bakteri Reservoar dalam Mengembangkan Volume Minyak Bumi Secara Monokultur. Proceeding. Simposium Nasional IATMI.

Munawar. 1999. Isolasi dan Uji Kemampuan Isolat Bakteri Rizosfir dari Hutan Bakau Di Cilacap dalam Mendegradasi Residu Minyak Bumi. Tesis Magister. In-stitut Teknologi Bandung.

Mustafa, I. 2006. Pengkajian Potensi Bakteri Termofilik dari Sumur Minyak Bumi di Jatibarang dalam Penera-pan MEOR. Tesis. Institut Teknologi Bandung.

Nugroho, A. 2006. Produksi Biosurfaktan oleh Bakteri Pengguna Hidrokarbon dengan Penambahan Variasi Sumber Karbon. Jurnal : Biodiversitas (7) : 312-316 hlm.

Rangkuti, Z. 2012. Model Ekonomi Pemanfaatan Gas Ikutan : Studi Kasus Lapangan Eksploitasi Migas dalam Rangka Mendukung Mekanisme Pembangunan Bersih. Penerbit IPB Press. Bogor.

Steel, R.G.D. & J.H. Torrie. 1983. Prinsip dan Prosedur Statistika: Pendekatan Biometrik (Edisi ke-2). Terjema-han oleh : M. Badaraja dan R. Korawi. Gramedia. Ja-karta,

Triantoro, T. 2011. Microbial Enhanced Oil Recovery (MEOR). Blog. Tonitrianto-ro.blogspot.com/2011/05/mikrobial-enhanched-oil-recovery.html.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v17i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats