Arthropoda pada Varietas Padi di Lahan Organik di Desa Tegal Binangun Kecamatan Plaju Kelurahan Plaju Darat Palembang

Hendra Hendra, Chandra Irsan, Dwi P.Priadi

Abstract


Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisah-kan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Serangga sebagai salah satu komponen ekosistem memiliki perananan penting dalam jaringan makanan. Masalah dalam penelitian ini (1) Apakah varietas padi inroduksi yang ditanam dapat mempengaruhi keanekaragaman spesies arthropoda yang datang atau hidup di tanaman padi tersebut yang ditanam di sawah organik?; (2) Apakah varietas padi introduksi yang tahan hama dapat mempengaruhi kemerataan arthropoda yang datang?; (3) Apakah lingkungan dapat mempengaruhi keaneka-ragaman arthropoda pada varietas padi introduksi?; Pengambilan data menggunakan metode eksplorasi dengan pengamatan satu lahan padi organik yang berumur 30 HST. Parameter yang diamati adalah indeks keragaman (H’) dari Sannon-Weaver, kemerataan jenis (E) dari Pielou. Hasil penelitian pada Bulan Febru-ari—Mei 2014 didapatkan 2 kelas yaitu Insekta dan Archanida dengan jumlah arthropoda pada varietas Mi-ra-1 162 ekor dan varietas Bestari 158 ekor, dengan pengamatan 10, 20, 30 hari setelah tanam. Berdasarkan perhitungan indeks keragaman menunjukkan pada varietas padi Mira-1 2.658 dan padi varietas Bestari 2.443 masih stabil dengan indeks keragaman 1≤ H’≤3. Perhitungan Indeks kemerataan padi varietas Mira-1 1.604 dan pada padi varietas Bestari 1.597, indeks kemerataan padi varietas Mira-1 dan pada padi varietas Bes-tari menunjukkan kemerataan tinggi dan populasi stabil denga indeks kemerataan 0.6<E’≤1.0.

Full Text:

PDF

References


Arief, 2001. Hutan dan Kehutanan. Kanisius. Jakarta

Laba, I.W. 2001. Keanekaragaman Hayati Arthropoda dan Peranan Musuh Alami Hama Utama Padi pada Ekosis-tem Sawah diakses tanggal 6 Juni 2015.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian Bina Aksa-ra, Jakarta.

Odum, E. 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Penerjemah: Tja-hyono Saminginan. Gadjah Mada Univ. Press. Yogya-karta.

Oka, I. D. 2005. Pengendalian Hama Terpadu dan Implemen-tasinya di Indonesia. Gadjah Mada Univ. Press. Yogyakar-ta.

Pathak, M. D, Z. R. Khan. 1994. Insect Pest of Rice. Interna-tional Rice Research Institute. Philiphine.

Pielou, E.C., 1975. Ecology Diversity. John Wipley & Sonts, Inc. New York.

Southwood, T. R. E., 1978. Ecological Methods Second Edition. Chapman and Hall. New York.

Soegianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Penerbit Usaha Nasional. Surabaya.

Untung K., Sudomo M., 1997. Pengelolaan Serangga seca-ra Berkelanjutan. Makalah disampaikan pada sympo-sium Entomologi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v17i3.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats