Analisis ekologis mangrove dan dampak perilaku masyarakat terhadap ekosistem mangrove di pesisir Pantai Kokar, Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur

Sari Hauliah Ahmad Koda

Abstract


Penelitian ini tujuannya adalah untuk menganalisis secara ekologis mangrove yang ada di pesisir pantai Kokar, dengan melihat indeks nilai penting dan indeks keragamannya, serta melihat dan menguraikan tentang perilaku-perilaku masyarakat pesisir yang berdampak positif maupun berdampak negatif bagi ekosistem mangrove. metode yang digunakan untuk mengetahui keadaan ekologis mangrove ialah dengaan metode transek kuadrat untuk memperoleh data kerapatan, frekuensi, dominansi, indeks nilai penting dan indeks keragaman mangrove. Sedangkan metode wawancara dan observasi di lokasi penelitian dilakukan untuk mengetahui perilaku yang berdampak positif maupun berdampak negatif bagi ekosistem mangrove. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis mangrove yang ada di pesisir pantai Kokar. Indeks Keragaman rata-rata di lokasi ini lebih kecil dari 3,2 hal ini menunjukkan bahwa kondisi ekologis hutan mangrove berada pada kondisi tertekan akibat aktivitas manusia. Adapun perilaku masyarakat yang berdampak negatif bagi hutan mangrove di pesisir Pantai Kokar ialah penebangan secara liar, pembuangan sampah di area pesisir pantai, pembelokan air tawar untuk irigasi serta adanya konversi lahan areal hutan mangrove menjadi perladangan dan tambak garam. Namun demikian ada perilaku masyarakat yang berdampak positif bagi hutan mangrove yakni dengan ikut berpartisipasi menanam dan menjaga mangrove yang sudah diberikan oleh pemerintah dan LSM.


Full Text:

PDF

References


Bengen, D.G. 2001. Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. PKLSPL-IPB: Bogor.

BPS.2014. Alor dalam Angka. BPS: Alor.

Dahuri. R. 2003. Keanekaragaman Hayati Laut. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Fauzi, Akhmad. 2004. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Kartika, La Rahudu. 2019. Persepsi Masyarakat terhadap Kerusakan Ekosistem Mangrove di Wilayah Pantai Desa Lata, Kab. Napano Kusambi, Kab Muna Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi. Univeritas Halu Oleo. Kendari.

Koda, Sari Hauliah Ahmad, Charly Mutiara. 2018. The Analysis of Ecology and The Impact of Coast Community Behaviors Towards Mangrove Ecosystem in Moru Coast, In Alor Regency East Of Nusa Tenggara. International Procceding. Universitas Tribuana: Kalabahi.

Nurtjahjo, Agus T.P. 1994. Partisipasi Masyarakat Sekitar Hutan Lindung dalam Kegiatan Reboisasi. Tesis. Program Pascasarjana UGM: Yogyakarta.

Rusila, N. Y., M. Khazali dan I. N. N Suryadiputra. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor: PKA/ WIIP.

Saparinto, Cahyo. 2007. Pendayagunaan Ekosistem Mangrove. Dahara Prize: Semarang.

Zainudin, dkk. 2014. Perilaku Masyarakat dalam Pelestarian Hutan Mangrove di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan. Scientific Repository. IPB University: Bogor.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v23i1.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats