Penerapan Metode Chi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID) Dalam Pengklasifikasian Faktor yang Berkaitan Erat Terhadap Jenjang Jabatan Fungsional Dosen FMIPA Universitas Sriwijaya

Hadip Anugrah, Dian Cahyawati S, Herlina Hanum, Putra B.J Bangun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkaitan erat dengan Jabatan Fungsional dosen dan untuk mengklasifikasikan karakteristik dosen berdasarkan Jabatan Fugsionalnya. Penelitian ini menggunakan metode CHAID dengan tahap penggabungan, pemisahan, dan penghentian. Data dosen yang dianalisis pada penelitian ini adalah data dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya. Variabel dependen pada penelitian ini yaitu Jabatan Fungsional dosen, dan variabel independennya yaitu Jenis Kelamin, Umur, Masa Kerja, Golongan Ruang, Masa Kerja, Skor Artikel, H-Indeks, Pendidikan, dan Bidang Ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling erat kaitannya dengan Jabatan Fungsional dosen adalah variabel Golongan Ruang, Skor Artikel, Bidang Ilmu, dan Umur, sedangkan variabel Jenis Kelamin, Masa Kerja, H-Indeks, Pendidikan dan Bidang Ilmu tidak memiliki kaitan yang erat dengan Jabatan Fungsional dosen.


Full Text:

PDF

References


Ediyanto, Mara, N. dan Satyahadewi, N. (2013) ‘Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis’, Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster), 02(2), pp. 133–136.

Miftahuddin (2012) ‘Penggunaan Metode Chaid (Chi Square- Automatic Interaction Detection) Pada Pohon Klasifikasi Menggunakan Satu Peubah Respon Dengan Perbandingan Taraf Nyata’, Jurnal Matematika, Statistika, Komputasi, 9(1), pp. 11–22.

Putra, Dian (2015) ‘Dosen Indonesia V Dosen Swedia : Pengembangan Dosen Untuk’, Eksekutif, 12(2), pp. 381–389.

Wulandary, A. (2014) ‘Ayu Wulandary,2014 Klasifikasi keputusan nasabah untuk menggunakan ATM dengan metode Chi-Square Automatic Interaction Detection (CHAID) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu’, pp. 1–6.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v24i3.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats